Inilah Perbedaan Cpanel dan Spanel Website Hosting

0
727

Perbedaan Cpanel dan Spanel Website Hosting

Perbedaan Cpanel dan Spanel Website Hosting
Perbedaan Cpanel dan Spanel Website Hosting

Bangtohir.com – Adakah diantara kalian masih bingung perbedaan Cpanel dan Spanel Website? Pada artikel ini bangtohircom akan membahas perbedaannya yang mendasar tentang keduanya. Sebenarnya Cpanel dan Spanel website memiliki fungsi yang berbeda yaitu memudahkan proses hosting pada suatu web. Membedakannya jika secara general hanyalah pembuatnya saja.

Walaupun memiliki fungsi yang sama tapi karena memiliki perbedaan dari pengembangnya pastilah panel server mereka berbeda dan memiliki kekurangan kelebihan tersendiri dari fitur maupun antarmukannya. Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelan perbedaan Cpanel dan Spanel Website, daripada penasaran langsung saja simak baik-baik perbedaan Cpanel dan Spanel Website berikut:

Spanel web hosting

sPanel web Hosting

sPanel adalah panel control hosting yang dikembangkan oleh PT Master Web Network (MWM) dan memiliki basis Linux/Unix (hingga saat ini masih Debian). Memiliki tampilan antar muka yang lebih sederhana dan merupakan versi text yang menggunakan sedikit bandwith, dan ada beberapa fitur cukup menarik seperti history backup setiap 3 bulan dapat kamu browser/restore per file. Mempunyai kemanan skrip CGI dsb.

Tapi sPanel mempunyai kekurangan tersendiri, kurangnya masih belum ada fitur yang mendukung scrip auto installer seperti yang ada di cPanel.

Meskipun demikian layanan dari penyedia Spanel web network sudah tidak diragukan lagi bagusnya. Sebelum bang tohir beli hosting sendiri di luar negeri, dulunya juga dibuat di MWM bahkan hingga sekarang masih parker domain disana, walaupun sudah memiliki akun sendiri untuk beli domain tapi untuk antisipasi saja makanya dipencar.

Cpanel Website Hosting

Cpanel Web Hosting

Cpanel merupakan control web yang saat ini rata-rata disediakan oleh para penyedia webhosting. Memiliki tampilan antarmuka grafis yang membuat lebih berat daripada sPanel. Dari segi kemanan terdapat perbedaan seperti sPanel menggunakan Skrip CGI, skrip ini tidak terdapat pada CPanel.

Cpanel memiliki kelebihan sudah dapat menggunakan fitur auto installer yang pastinya mendukung banyak sekali CMS Website dan ini bisa didapatkan melalui fitur Softaculous.

Jadi kamu bisa memilih sesuai kebutuhan saat ini Karena perbedaan Cpanel dan Spanel Website tidaklah berbeda jauh dari segi fungsinya yaitu untuk mengontrol web hosting dimiliki. Hanya yang paling terlihat berbeda dari keduanya adalah antarmukanya.

Setiap panel control pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tinggal nyaman menggunakan yang mana. Apabila ingin menggunakan yang ringan bisa memilih sPanel tapi kamu pastinya harus hosting web di provider Masterweb. Tetapi di masterweb tidak hanya tersedia sPanel ada juga Cpanel. Lalu apabila kamu memiliki keinginan install CMS secara otomatis bisa pilih Cpanel.

Jadi kamu sekarang ingin menggunakan yang mana setelah mengetahui perbedaan Cpanel dan Spanel Website?

Baca Juga: Cara Menambahkan sitemap blog ke google webmaster tools

Sekian artikel kali ini membahas mengenai perbedaan Cpanel dan Spanel Website hosting, semoga dapat bermanfaat dan bisa lebih memahami perbedaan dari kedua Control panel tersebut.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.