6 Penyebab Channel Youtube Ditangguhkan Paling Extrem

0
217
Penyebab Channel Youtube Ditangguhkan
Penyebab Channel Youtube Ditangguhkan

Penyebab channel youtube ditangguhkan secara umum memang biasanya bagi pemilik channel yang mendapatkan musibah ditangguhkan akan mendapatkan email notifikasi yang berisi beberapa alasan mengapa channel anda ditangguhkan. Namun dalam beberapa kasus belakangan ini banyak sekali channel yang tiba-tiba hilang dari peredaran tanpa ada alasan dan pemberitahuan apapun dari pihak youtube sendiri terkait akun yang mereka hentikan.

Satu hal yang harus kita pahami selaku pengguna platform youtube yang memanfaatkannya untuk mendulang rupiah adalah kita sama sekali tidak punya hak untuk mengendalikan youtube agar channel kita bisa awet dan bertahan lama, apalagi kalau channel yang ada bukan berisi konten video original alias video yang didalamnya kita sendiri. Sangat Sulit sekali untuk bertahan lama kalau tidak cerdik bermain.

Pada Artikel sebelumnya saya sudah membahas 4 cara mengembalikan channel youtube yang kena suspend, meskipun diberikan cara dan disediakan formulir oleh youtube untuk keperluan banding dan sebagainya, tetap saja semua itu untung-untungan dan keputusan ada ditangan youtube juga, Namun tidak ada salahnya mencoba banding siapa tau behasil.

Banyak sekali pertanyaan dari teman-teman terkait akun youtube yang tiba-tiba kena penangguhan alias suspend atau kasus lain fitur monetisasinya di cabut (Non-Aktif) oleh pihak youtube, saat diberikan email alasan penangguhan mungkin akan membuat lega dan paham, lalu bagaimana jika tidak dapat notifikasi sama sekali, apa alasan dan penyebab channel youtube ditangguhkan? berikut beberapa hal yang sakral dan sangat mudah mengundang suspend alias penagguhan tiba-tiba:

1. Channel Sudah sering upload video berhak cipta lebih dari tiga kali

Ketahuilah bahwa saat kita upload video yang ternyata ada hak ciptanya, maka secara tidak langsung akan mengurangi reputasi channel kita.

Sama saja, kalau video sudah selesai di upload dan ada email masuk pemberitahuan konten mengandung Copyright maka mau dihapus atau tidak itu sudah masuk catatan kalau channel kita sudah melakukan kesalahan, walau sebagain video berhak cipta membolehkan tayang tapi iklan tampil dan hasilnya ke pemilik video, tetap saja tidak enak rasanya.

So, waspadalah kalau di channel kamu sudah pernah kena teguran copyright, mulailah untuk berusaha mengupload video original yang banyak sebelum kembali upload video hasil editing lagi.

2. Terlalu over promosi Ke media sosial

Mungkin ambisi pengen video banyak view dalam waktu singkat sehingga share sana sini dengan cara yang tidak terkontrol, maka kasus ini sangat mudah sekali bahkan paling extrem menjadi penyebab channel youtube ditangguhkan.

Ini pengalaman pribadi dulu saat awal ikut jadi kuli di youtube, terlalu semangat share video ke Fb, Twitter, Google plus dan lainnya yang terjadi belum 24 jam langsung Suspend channelnya.

Kata youtube ini pelanggaran pedoman komunitas yang masuk kategori SPAM dan sangat dilarang.

Boleh saja berbagai ke media sosial, tapi jangan trlalu bernafsu, buatlah jeda, sehari sekali satu video ke satu media sosial agar lebih aman.

3. Judul Klik Bait ( Tidak sesuai sama isi video)

Ini juga penyebab channel youtube ditangguhkan dalam waktu singkat, Pada forum komunitas youtube ada dijelaskan bahwasanya video yang memiliki judul terlalu hiperbola alias berlebihan padahal di dalam video gak ada sama sekali ini sesuai dengan judul maka sangat rawat suspend.

Solusinya, kalau ingin menggunakan judul Klik Bait atau judul yang call to action usahakan di dalam video ada isi yang sesuai judul meskipun hanya beberpa detik saja.

4. Video dewasa yang salah target

Video dewasa memang sangat mudah mendatangkan views jutaan dalam sebulan bahkan hitungan hari, namun hati-hati!, jika tidak pandai bermain maka sangat rawan mengundang baned, karena video dewasa sama youtube sudah diberikan fitur pembatasan usia bagi siapapun yang ingin meng-upload video dewasa.

Jadi Jangan lupa aktifkan atau klik bagian yang menandakan video dewasa jika nekad ingin bermain konten dewasa atau lebih pandai bermain foto Thrumbail dan judul serta cerdik dalam memasang metadata atau Tag.

5. Over Komentar promo di channel orang lain

Ini mungkin belum banyak yang memahami, Ingat!… Hati-hati kalau punya channel dan mau promosi minta subscribe balik atau minta kunjungi channel atau promo url video kita di channel orang lain.

Kagiatan promosi di channel orang lain merupakan kategori pelanggaran SPAM dan pedoman komunitas, secara langsung kadang komentar promo minta sub dan lainnya itu akan masuk filter SPAM komunitas dan selanjutnya terserah pemilik channel apakah mau report spam atau berbaik hati.

Jangan terlalu semangat promosi channel agar cepat dapat subscribe, youtube juga mengawasi jumlah subscribe kita apakah hasil natural atau akibat kegitan yang over dan tidak diperbolehkan.

6. Gambar Thrumbail tidak layak dan tidak sesuai

Saya pernah mendapatkan teguran keras akibat salah menggunakan gambar atau foto thrumbail video, akibatnya mengurangi reputasi channel alias dapat bulatan merah dan harus menunggu dalam waktu 3 bulan baru channel kembali normal dan hijau semua.

Gunakan foto yang relevan dan tidak terlalu vulgar, karena foto bisa di repot orang lain yang ada iri hati di hatinya serta tidak boleh melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang jika masih ingin channel selamat sehat wal’afiat.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Flash Disk Yang berkualitas

Perhatikanlah…! jika memang ingin promosi cukup sesekali saja, karena nantinya kalau satu video sudah banyak viewernya secara otomatis saat kita upload video baru, mereka yang tadinya sudah menonton video di channel kita akan melihat video terbaru di channel kita karena sistem chache yang ada. Jadi gak harus semua video di promosiin atau di share.

Jaga baik-baik channel utama teman-teman semua, usahakan jangan diisi kalau bukan video original, karena kalau channel utama sudah kena suspend maka kedepannya akan sangat rawan kena suspend lagi dan terus menerus kena suspend sampai teman -teman ganti laptop baru dan bisa juga menjadi penyebab channel dari multi channel kena efek akibat channel utama kena penangguhan. Karena IP Adress perangkat kita sudah terekam oleh sistem youtube.

Baca Juga: 10 Tips Maksimalkan Optimasi Youtube Dari Awal Sampai Berhasil

Untuk Sementara ini saya cukupkan saja untuk enam penyebab channel youtube ditangguhkan, jika teman-teman bisa waspada dan berhati-hati untuk tidak melakukan enam hal diatas InsyaAllah channelnya akan terus dalam keadaan baik-baik saja, lain waktu bangtohir akan share lagi penyebab channel youtube ditangguhkan tanpa alasan jika ada waktu dan kesempatan.

LEAVE A REPLY