Penting ! Apakah Produk Yang Kamu Jual Sudah Ada Value Proposition ?

0
276

Kategori Value Proposition Produk Dalam Bisnis

Value Proposition Produk

Value Proposition Produk tentunya kamu sudah sangat sering mendengar istilah ini, tapi pertanyaannya adalah apakah sudah tahu apa saja yang termasuk dalam vale proposition produk?.

 

Jika kamu punya produk maka sangat penting sekali untuk memperhatikan value propositionnya, karena hal inilah yang nantinya akan membedakan produk kamu dengan produk orang lain. So, apakah produknya harus berbeda juga? Jika iya dan memang ada marketnya itu lebih baik, tapi jika sama maka disitulah kamu harus menghadirkan value proposition dalam bisnis produk atau jasa yang kamu jalankan.

 

Apa Sih value Proposition itu?
Value proposition adalah serangaian produk atau jasa yang dijadikan sebagai “ NILAI “ yang akan kamu tawarkan kepada konsumen tertarget tertargetu. Jika kamu bisa menghadirkan produk atau jasa dalam bentuk yang berbeda dengan yang lainnya itulah Value Proposition.

 

Lalu, Bagaimana cara menentukan vale Proposition suatu produk yang kita tawarkan ?

Apabila kamu bingung dalam menentukan value proposition suatu produk / jasa yang kamu tawarkan maka hal yang perlu kamu hadirkan adalah pertanyaan – pertanyaan berikut ini:

 

  • Nilai lebih apa yang ingin kita sampaikan melalui sebuah produk yang kita ciptakan untuk konsumen?
  • Mampukah produk / jasa tersebut memberikan solusi terhadap Masalah yang di hadapi konsumen apabila mereka membelinya?
  • Apakah produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan konsumen kita?
  • Produk atau Jasa seperti apa yang kita tawarkan pada Konsumen?

 

Trus, apa saja contoh dari value Proposition?
Berikut ini beberapa contoh dari value proposition suatu produk atau jasa yang bisa kita tawarkan kepada konsumen:

 

1. Produk Paling Baru (Newness)
Jenis Produk ata jasa yang mempunyai value ini akan berkompetisi dengan inovasi terbaru dalam kelas produknya. Biasanya model bisnis yang mempunyai Nilai ini merupakan produk yang menyasar konsumen kelas menengah atas dan mempunyai biaya inovasi yang besar.

 

2. Produk Paling Murah/Terjangkau (Price)
Jenis Produk dan jasa yang mempunyai Nilai ini berbanding terbalik dengan sebelumnya. Mereka memang melakukan inovasi, tapi inovasi yang bisa menekan biaya produksi sehingga bisa menjadi murah dan terjangkau. Kelas menengah kebawah adalah sasarannya, karena mereka masih peka terhadap harga.

 

3. Produk atau Jasa Paling Unik (Uniqueness)
Produk yang mempunyai value ini cenderung menjadi produk atau jasa membuat konsumen berpikir out of the box (berpikir dan kemudian menciptakan gagasan di luar kebiasaan-kebiasaan yang ada ) pokoknya suka aja deh liatnya. Keunikan tersebut yang membuat konsumen mau mengeluarkan uangnya berapapun banyaknya untuk menikmati sensasi dari uniknya produk tersebut. Biasanya yang paling mudah sekali tergoda dengan keunikan produk adalah Kaum Wanita.

 

4. Kinerja (Performance)
Proses dan hasil Kinerja yang baik adalah hal yang paling diusahakan oleh produk yang mempunyai Nilai ini. Mempunyai kinerja yang tanggap menjadi salah satu parameter sebuah produk jasa yang mempunyai value ini. Apakah produk atau jasa tersebut benar – benar bekerja sebagaimana mestinya saat konsumen membelinya, apakah pelayanannya memuaskan dll.

 

5. Kemudahan (Accessibility)
Menghadirkan nilai ini, bisnis yang kamu jalankan harus mudah dijangkau, mudah diakses oleh konsumen, terbuka ditempat umum, mudah di lihat sehingga dengan demikian kamu sudah menjawab kesulitan konsumen menjangkau tempat meeka mencari kebutuhan yang di perlukan, kemudahan akses ini juga akan menjadikan bisnis kamu cepat dikenal oleh khalayak ramai pada akhirnya cepat mengundang banyak konsumen.

Baca: Strategi Manajemen Krisis untuk Mengembalikan Reputasi Perusahaan

Itulah bebrapa poin penting yang perlu kamu ketahui dalam mengecek apakah produk atau jasa dalam bisnis kamu sudah memiliki Value Proposisition atau tidak.

 

Baca Juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Di Internet Lewat Twitter

LEAVE A REPLY