Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic

0

Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic

Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic dalam tulisan ini merupakan bagian pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik blog yang terbuat dari platform blogger.com, karena seperti diketahui saat kita membuat sebuah blog, pada bagian setting disana terdapat beberapa bagian yang perlu diatur untuk memaksimalkan blog agar lebih mudah terindek oleh mesin pencari dalam istilah SEO blogger.

Pembahasan Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic ini merupakan bagian pertama dalam cara men-setting blog kita, artinya nanti bang tohir akan menulis artikel dengan judul sama yang akan membahas pada bagian setting dalam dasboard blogspot sampai selesai pada bagian user setting.

Panduan setting seo blog bagian basic ini bisa diterapkan apabila kamu sudah memiliki atau membuat blog baru, jika belum punya blog, silahkan baca: Cara Membuat Blog di Blogger dengan Mudah dan Cepat

Pastikan setelah membaca Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic ini, teman-teman membaca artikel lanjutan cara setting seo pada tahap berikutnya.

Oke, langsung saja kita mulai step by step Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic ini:

Pertama: Login ke blog seperti biasanya, kemudian klik bagian “Setting” kemudian Klik tulisan “Basic”. Seperti pada gambar paling atas.

Kedua: Pada bagian basic ini ada beberapa yang perlu disetting oleh kita, diantaranya:

BASIC (Title, Description, privacy) – PUBLISHING ( Blog Address) – HTTPS (HTTPS REDIRECT) – PERMISSIONS ( Blog Authors, Blog Readers).

1. Setting Bagian Basic:

Setting BagianBasic Blogger

  • Title : Kalian klik edit, isi dengan judul dan tambahkan sedikit deskripsi, Maksimal 70 karakter huruf
  • Description : Kalian klik Edit, Kemudian masukan deskripsi singkat yang menggambarkan isi blog kalian, Maksimal 500 Karakter.
  • Privacy : Klik Edit, centang “yes” jika kalian ingin blog bisa di rayapi oleh mesin pencari atau ikuti gambar.

2. Setting Publishing:

Dalam setting publishing ini terdapat blog address atau alamat urlblog kita, fungsingnya untuk mengubah alamat url blog atau menambahkan custom domain.

Setting Blog Address

Disini kalian bisa menghilangkan akhiran url “blogspot” dengan domain premium seperti, Com, Net, Info dll. caranya sudah saya bahas pada artikel berikut: Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri Dari Godaddy

Catatan: Jangan merubah alamat url jika kalian tidak mau ribet merubah semua link internal link dan url yang sudah kalian share baik kemedia sosial maupun ke sosial bookmark, karena akan menyebabkan terjadinya broken link. Baiknya jangan diapa-apain kalau gak lagi pengen jadiin custom domain alias biarin defauld aja.

3. HTTPS BLOG SETTING:

Https Blog Setting

Pada bagian ini berkaitan dengan sitem keamanan encrypted connection dari google, dimana sebuah blog bisa saja dianggap sebagai blog yang berbahaya bila tidak bisa diakses menggunakan HTTPS terutama website toko online, kalau dalam wordpress disebut SSL.

Jika alamat blog kita diaktifkan “https” dengan memilih “yes” maka nanti ketika diakses akan menunjukan alamat url berwarna Hijau atau dianggap tidak berbahaya dan aman, seperti pada gambar:

SSL Blogger

Selain itu, dengan mengaktifkan “HTTPS”, walau blog kita diakses melalui “HTTP” akan tetap bisa dan artinya bisa diakses dengan keduanya, tapi kalau tidak diaktifkan alias “NO” maka hanya bisa diakses melalui url dengan “HTTP” saja.

4. Setting Permission Blog

Setting Permission Blog

Pada bagian ini, kita bisa menyeting seperti, menambahkan penulis,menambah admin, gantti pemilik blog dengan mengganti email dan menjadi blog kita bersifat publik atau tidak sesuai pilihan.

  • Public : dipilih jika ingin blog kita bisa dikases mesin pencari atau bisa dilihat dan dibaca semua orang di dunia yang berselancar di internet.
  • Private: hanya pemilik blog yang bisa melihat isi blog dan bisa memilih orang tertentu yang bisa melihat blog kita dengan memasukan email mereka.

Catatan: pada bagian ini jika lupa mengaktifkan opsi “Public” akan menyebabkan blog kita tidak bisa diakses secara umum dan bahkan mesin pencari tidak memperhatikannya untuk di indext. Baiknya jika ingin dipublikasikan ikuti saja settingan public seperti pada gambar diatas.

Demikianlah untuk pembahasan Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic ini, selanjutnya pada artikel lanjutan, bang tohir akan bahas Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Post, Comments and sharing.

Semoga membantu dan bisa diterapkan dalam melakukan settingan pada blog teman-teman semua ya, jika ada yang kurang jelas pada pembahasan Panduan Dasar Cara Setting SEO Blogger Bagian Basic ini, silahkan berkomentar dibawah artikel ini.

LEAVE A REPLY