Panduan Cara Setting SEO Blogger Bagian Posts, Comments And Sharing

0
146

Panduan Cara Setting SEO Blogger Bagian Posts

Panduan Cara Setting SEO Blogger Bagian Posts, Comments And Sharing ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya pada pembahasan Panduan dasar cara setting seo blogger bagian basic.

Kali ini pada bagian panduan cara setting SEO Blogger Bagian Posts, Comments And sharing akan membantu teman-teman bagaimana memanage postingan, komentar dan juga share tulisan terbaru dari blog yang dikelola.

Tanpa panjang lebar, langsung pada pembahasan bagaimana cara setting SEO Blogger Bagian Posts, Comments And sharing, ikutin langkat-langkah berikut:

Langkah pertama, setelah login dan masuk dasboard blog, silahkan klik Setting, dan pilih Posts, comments and sharing.

Cara Setting Posts Comments And Sharing Blogspot

Penjelasan bagian-bagian di dalamnya serta fungsinya:

1. Posts : Show at most, Post template, Showcase image with Lightbox

  • Show at most : bagian ini berfungsi untuk menyeting jumlah post yang ditampilkan pada halaman depan website ketika pengunjung berada pada mode Home/beranda. Teman-teman bebas mau nampilin berapa jumlah post tergantung selera.
  • Post Template : bagian ini berfungsi untuk melakukan setingan tampilan post di depan, apakah setengah, keseluruhan, atau hanya judul. Pada bagian ini, jika ingin membuat kreasi sendiri tampilan post diperlukan kode script, tapi jika blog teman-teman menggunakan template blog buatan alias bukan template asli bawan blog, biasanya sudah otomatis terseting hanya menampilkan setengah saja. seperti contoh gambar berikut:

Contoh Tampilan Post Blog

Catatan: Jika teman-teman jago script silahkan berkreasi, tapi jika tidak bisa, biarkan kosong. Apabila menggunakan template buatan maka sudah otomatis seperti yang ditentukan oleh pembuat template.

  • Showcase images with Lightbox : Bagian ini jika diaktifkan akan membuat foto yang ada di dalam artikel yang dipublish ada bingkai alias dikelilingi bingkai kotak.

2. Comments : Comment Location, Who can comment?, Comment Moderation, Show word verification, Comment Form Message.

  • Comment Location : fungsinya untuk menentukan lokasi kotak komentar, tampilan kotak komentar dibawah artikel publish. Opsi yang bisa di pilih Ada: Embedded, Full page, Popup Window, Hide. Silahkan pilih embedde, atau popup saja agar menyesuaikan tampilan blog.

Jika ingin menambahkan kotak komentar blog dengan facebook komen, silahkan baca artikel: 3 CARA MEMBUAT KOTAK KOMENTAR FACEBOOK DI BLOG

Pilih Opsi “Hide” Apabila teman-teman tidak mau memasang kotak komentar bawaan blog dan bisa hanya menampilkan komentar facebook saja.

  • Who can comment? : Anyone – includes Anonymous Users , Registered User – includes OpenID, User with Google Accounts, Only members of this blog

Bagian ini berfungsi untuk mengontrol siapa saja yang diperbolehkan untuk berkomentar di blog kita.

-Jika pilih Anyone – includes Anonymous Users, semoga orang bisa komentar dan biasanya gak bagus karena banyak di spam komentar gak jelas.

-Jika Pilih Registered User, hanya pengguna terdaftar dan pengguna terdaftar di open ID yang bisa berkomentar di blog kita.

– Jika Pilih User with Google Accounts, hanya bisa berkomentar dengan menggunakan akun google plus mereka, dan setiap kali mereka berkomentar secara otomatis akan share artikel kita juga. Saya merekomendasikan ini agar terbantu membagikan tulisan kita.

-Jika Pilih Only members of this blog, hanya member blog saja yang boleh berkomentar pada blog kita.

  • Comment Moderation : berfungsi untuk meninjau komentar, apakah perlu ditinjau sebelum ditampilkan atau hanya sesekali saja kita meninjau dan bisa juga tidak perlu di tinjau nanti setiap komentar akan tampil otomatis di bawah artikel, bagi yang tidak ingin ada komentar miring silahkan pilih opsi Always agar setiap komentar tertahan dulu sebelum dipublikasi.
  • Show word verification : Bagian ini berfungsi untuk mengantisipasi robot tukang spam komentar, jadi setiap orang yang mau berkomentar harus memverifikasi dulu, apakah dengan Kode Capcha, atau ceklist.
  • Comment Form Message: Berfungsi ketika teman-teman dapat notif email ada yang berkomentar, maka teman-teman bisa membalas komentar langsung dari pesan tadi, untuk mengaktifkan fitur ini, masukan email yang digunakan untuk membuat blog atau emailadmin blog.

3. Share to Google+

Bagian ketiga dalam pengaturan Posts, Komentar, dan share ini berfungsi untuk mengontrol setiap postingan, apakah ingin di bagikan secara otomatis atau tidak ke akun google plus yang kita punya.

  • Auto-share new published posts to your Google+ profile : Jika diaktifkan, maka setiap publish artikel baru akan otomatis langsung terposting atau dibagikan ke akun google plus yang kita pilih.
  • Prompt to share after posting : Pada bagian ini jika diaktifkan, setiap posting atau publish artikel baru, akan muncul jendela popup yang mengkonfirmasi artikel yang akan di share ke google plus terpilih, jadi disini bisa kita kasi penganter atau hanya share link saja.

Oke, Pada pembahasan panduan cara setting SEO Blogger Bagian Posts, Comments And sharing hanya sampai disini, semua sudah dijelaskan fungsinya, tinggal opsi teman-teman mau bagaimana.

Akan lebih bagus bila banyak artikel kita share ke akun google plus, karena akan membantu mempermudah dan mempercepat mesin pencari untuk index artikel baru kita, selain itu, yang kita bagikan ke akun google plus juga bisanya cepat berada di halaman pertama mesin pencari google.

Semoga panduan cara setting SEO Blogger Bagian Posts, Comments And sharing ini membantu dan bermanfaat bagi teman-teman blogger semua, selanjutnya pada artikel berikutnya nanti akan membahas cara setting bagian email blog.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.