5 Keuntungan Investasi Reksadana Dari Investasi Lain

0
329

Keuntungan Investasi Reksadana dari Investasi Lain

Keuntungan Investasi Reksadana
Keuntungan Investasi Reksadana – Ilustrasi

Keuntungan Investasi Reksadana – Saat ini cara untuk mengembangkan kekayaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melakukan investasi. Daripada kekayaan yang kita miliki hanya terhampur sia-sia, maka tidak ada salahnya mengalihfungsikan untuk investasi yang nantinya akan menghasilkan keuntungan dimasa mendatang. Berbagai jenis pilihan investasi telah tersedia sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh investasi reksadana dan emas.

Namun, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan investasi reksadana daripada emas. Jika dibandingkan dengan investasi emas, investasi reksadana memiliki beberapa kelebihan.

Penting bagi para pemula yang baru belajar menjadi investor mengetahui apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika mengambil peluang tertentu, termasuk disini investasi pada reksadanan. Apa saja keuntungan investasi reksadana? Berikut kami ulaskan untuk sobat pembaca semua:

1. Return lebih besar
Berdasarkan situs bisnis ekonomi Bloomberg jumlah return yang diperoleh reksadana lebih besar jika dibandingkan dengan investasi emas. Besarnya angka tersebut diperoleh dari catatan perbandingan keuntungan selama 5 tahun terakhir.

Baca: Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula Agar Tepat Sasaran

Perbandingan reksadana obligasi pada dasarnya mempunyai tingkat resiko yang sama dengan emas. Berbeda jika dibandingkan dengan reksadana saham, yang memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi. Selain itu, keuntungan yang didapat dari hasil investasi emas cenderung stagnan atau bahkan menurun. Berbeda dengan reksadana obligasi yang mengalami peningkatan setiap saat.

2. Biaya investasi awal minim
keuntungan investasi reksadana selanjutnya adalah biaya investasi awal yang rendah. Seperti yang tercatat pada beberapa waktu terakhir ini, perusahaan PT. Aneka Tambang menyatakan bahwa harga emas 1 gram mencapai Rp 550.000,00, sehingga paling tidak kita perlu modal Rp 500.000,00 untuk melakukan investasi awal untuk emas. Berbeda dengan investasi reksadana yang hanya perlu bermodalkan Rp 100.000,00, sudah bisa menjalankan investasi reksadana secara online.

3. Tidak memiliki resiko hilang
Jika kita berinvestasi dalam bentuk emas, tentu kita perlu menyimpannya dalam tempat yang aman agar tidak hilang. Namun, berbeda dengan investasi reksadana yang tidak memiliki bentuk fisik. Karena reksadana berbentuk bungan atau deviden yang anntinya akan dikelola oleh custodian. Inilah pihak yang akan mengelola dan menjamin investasi reksadana kita. Jadi, kita tak perlu khawatir terhadap investasi yang kita lakukan.

4. Menawarkan pilihan investasi
Jika kita berinvestasi emas, kita hanya memiliki dua pilihan yakni menyimpan atau menjual. Berbeda dengan reksadana obligasi atau saham, ada beberapa pilihan yang dapat kamu lakukan. Misalnya, uang yang berada dalam pengella reksadana tidak hanya ditanam pada satu saham saja, namun bisa ditanam diberbagai jenis saham yang berbeda. Inilah yang membuat potensi memperoleh keuntungan yang lebih besar.

5. Dijalankan secara online
Keuntungan Investasi reksadanan terakhir, Meskipun pembelian investasi emas dapat dilakukan secara online, akan tetapi tetap saja investasi emas dijalankan secara offline. Berbeda dengan investasi reksadana yang dapat dijalankan secara online, meskipun jauh dari perusahaan. Nantinya, keuntungan yang didapat akan ditransfer langsung melalui rekening.

Artikel Lainnya: Aplikasi Untuk mempercepat Startup Laptop

Itulah Lima keuntungan investasi reksadana yang bisa menjadi pertimbangan awal kamu sebelum memutuskan untuk mulai menjadi investor di reksa dana. Jadi, setelah mengetahui keuntungan investasi reksadana sudah tak ragu lagi kan untuk memilih reksa dana sebegai investasi yang menguntungkan.

LEAVE A REPLY