5 Keuntungan Investasi Emas Sebagai Pertimbangan

0
170
Keuntungan Investasi Emas
Keuntungan Investasi Emas

Emas masih menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan hingga sekarang karena harga emas masih tetap stabil dari tahun ke tahun. Banyak orang yang memilih menyimpan uangnya dalam bentuk batang-batang emas karena emas merupakan sarana investasi yang sedikit resiko.

Investasi emas meruapakan langkah yang tepat mengingat keuntungan investasi emas memang masih unggul. Bahkan, berinvestasi dengan emas memiliki banyak keunggulan apabila dibandingkan degan bentuk investasi lain.

Bagi Anda yang berencana berinvestasi, ada baiknya meneruskan bacaan ini. Anda akan mendapat pencerahan terkait bentuk investasi terbaik dan keuntungan investasi emas yang bisa menjadi pertimbangan awal mengapa memilih untuk ikut berinvestasi pada emas.

1. Bisa Langsung Dicairkan
Emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling mudah untuk dicairkan menjadi uang. Kapanpun saat membutuhkan, Anda bisa menguangkan investasi emas tersebut. Bentuk investasi lain, seperti saham dan properti, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicairkan. Bahkan, ada pula investasi semacam deposito yang tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo.

Berbeda dengan investasi emas. Anda bisa langsung mencairkan dengan membawa ke toko emas. Anda juga bisa menjual pada orang yang membutuhkan.

2. Harga Cenderung Naik Setiap Tahun
Keuntungan investasi emas berikutnya adalah keuntungan berlipat yang bisa didapat setiap tahunnya. Emas termasuk dalam investasi jangka panjang. Namun, kita bisa memastikan akan mendapat keuntunggan setiap tahunnya.

Hal ini karena harga emas yang cenderung naik setiap tahun. Saat masa-masa baik, Anda bahkan bisa mendapat keuntungan hingga dua kali lipat dalam kurun waktu enam bulan.

3. Aman dari Guncangan Ekonomi
Emas adalah barang investasi yang tak akan perneh terpengaruh oleh guncangan ekomoni. Emas pun kebal pada pengaruh inflasi. Kedua hal ini membuat keuntungan investasi emas semakin terlihat nyata.

Inflasi yang setiap tahunnya cenderung naik tidak akan berpengaruh terhadap nilai jual-beli emas. Apabila dunia mengalami guncangan ekonomi hingga krisis ekonomi pun, emas akan tetap berada dalam kondisi stabil, bahkan cenderung naik. Sangat tepat ketika dunia sedang krisis, Anda mendapatkan uang dengan menjual invetasi emas.

4. Harga Menyesuaikan Budget
Keuntungan investasi emas bisa pula didapat dari harga beli. Anda bisa menyesuaikan emas investais dengan uang yang dimiliki. Dengan demikian, keuangan Anda tidak akan terganggu dengan investasi ini.

Harga emas per gram cenderung naik, tetapi tak terlalu tinggi. Apabila uang pas-pasan, Anda bisa membeli dengan beberapa atau bahkan satu gram saja. harga dari satu gram emas pun tidak akan mencapai jutaan rupiah. Berbeda dengan investasi jenis lain yang bisa mencapai puluhan juta.

5. Bisa Diubah Bentuk Tanpa Memengaruhi Nilai
Keuntungan investasi emas yang terakhir adalah bisa diubah bentuk tanpa memengaruhi nilai jual emas itu sendiri. Misal, Anda memiliki emas batangan dan ingin membuatnya menjadi cincin atau kalung. Anda bisa melakukan itu tanpa harus takut rugi.

Dalam hal ini, emas bisa memberi dua kelebihan sekaligus untuk pemiliknya. Emas dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang yang pasti nilai jualnya akan terus meningkat. Selain itu, emas dapat digunakan untuk mempercantik penampilan Anda bila wanita. Emas pun merupakan salah satu logam yang awet dan tahan terhadap korosi.

Itulah diantara keuntungan dari investasi emas yang bisa menjadi pertimbangan awal sebelum benar-benar memutuskan untuk ikut berinvestasi, bagi yang masih pemula dan sedang bingung ingin mengikuti program investasi apa yang bagus, maka ada baiknya melirik pada investasi emas.

Baca: Inilah 3 Cara Hindari Penipuan Investasi Emas

Demikian juga untuk Anda yang bahkan belum berpikir untuk investasi. Ada baiknya mulai nyicil investasi emas untuk persiapan masa depan. Jika tabungan yang dimiliki masih pas-pasan, mulailah dengan menyicil emas dalam jumlah gram kecil.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.