Jawaban Dalam Al Qur’an Atas Setiap Permasalahan Kehidupan

0
843

Al Qur’an Menjawab Pertanyaan Seputar Permasalahan Kehidupan Manusia

Jawaban Dalam Al Qur’an Atas Setiap Permasalahan Kehidupan

Jawaban Dalam Al Qur’an Untuk Setiap Permasalahan Kehidupan – Assalamu’alaikum… Salam Penuh Kecintaan dalam Islam Dan Iman untuk kita semua saudara/i Kaum muslimin dimanapun berada.

Hidup memang tidak bisa terlepaskan dari berbagai permasalahan yang timbul tenggelam, datang silih berganti, kebahagiaan berganti duka, kesedihan berganti bahagia, kekayaan berganti kemiskinan, berbagai cobaan datang menghampiri namun sebaik baik kita manusia adalah yang tidak pernah berhenti bersyukur dalam setiap keadaan yang kita hadapi di dunia ini.

Dunia hanya sementara tapi akhirat kekal abadi. Kita di perintahkan untuk menjadi manusia cerdas yang pandai bersyukur bukan menunggu kita kaya ataupun memiliki apapun yang kita inginkan melainkan bersyukur dalam keadaan susah dan senang.

Bersyukur itu bukan hanya ketika kita dapat NIKMAT, melainkan ketika kekurangan juga harus bisa bersyukur“. – Follow Instagram : bangtohircom

Bersyukur dalam kesederhanaan adalah awal dari kehidupan masa depan yang bersyukur dalam kehebatan“. – Follow Instagram : bangtohircom

Baiklah sahabat semua … Mari kita kembali ke pembahasan utama mengenai jawaban dalam Al Qur’an Seputar Permasalahan Kehidupan Kita di Dunia Ini:

 

Pertanyaan Pertama:

Mengapa Kita Di Uji Dengan Berbagai macam Cobaan Yang datang Silih Berganti ?

Jawaban Dalam Al – Qur’an : Qs. Al – An Kabut (29) : 2 – 3

 

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا۟ أَن يَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ 

 

2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

 

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّـهُ الَّذِينَ صَدَقُوا۟ وَلَيَعْلَمَنَّ الْكٰذِبِينَ 

 

3. Dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

 

Pertanyaan Kedua:
Mengapa Kita Tidak Selalu Mendapatkan Apa Yang Kita Inginkan?

Jawaban dalam Al Qur’an : Al Baqarah ( 2 ) : 216

 

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللَّـهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

 

216. Diwajibkan atas kamu berperang, Padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

 

Pertanyaan Ketiga:
Mengapa Ujian Terasa Begitu Berat bagi manusia ?

Jawaban Dalam Al Qur’an : Al Baqarah ( 2 ) : 286

 

لَا يُكَلِّفُ اللَّـهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِينَ

 

286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir”.

 

Pertanyaan Ke Empat:
Menagapa Kita harus ada Frustasi ?

Jawaban dalam Al Qur’an : Ali Imran ( 3 ) : 139

 

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

 

139. Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

 

Pertanyaan Kelima:
Bagaimana Seharusnya Kita Menghadapai berbagai Permasalahan Kehidupan Ini ?

Jawaban Al Qur’an : Al Baqarah ( 2 ) : 45

 

وَاسْتَعِينُوا۟ بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخٰشِعِينَ

 

45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,.

 

Pertanyaan Ke Enam:
Apa Yang Akan Kita Peroleh Setelah Berusaha dan Berjuang?

Jawaban Dalam Al Qur’an : At – Taubah ( 9 ) : 111

 

إِنَّ اللَّـهَ اشْتَرَىٰ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنفُسَهُمْ وَأَمْوٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ ۚ يُقٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ اللَّـهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِى التَّوْرَىٰةِ وَالْإِنجِيلِ وَالْقُرْءَانِ ۚ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِۦ مِنَ اللَّـهِ ۚ فَاسْتَبْشِرُوا۟ بِبَيْعِكُمُ الَّذِى بَايَعْتُم بِهِۦ ۚ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

 

111. Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar.

 

Pertanyaan Ke Tujuh:
Kepada Siapa Kita Seharusnya Berharap Penuh ?…

Jawaban Dalam Al Qur’an : At – Taubah ( 9 ) : 129

 

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ اللَّـهُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

 

129. Jika mereka berpaling (dari keimanan), Maka Katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung”.

 

Pertanyaan Ke Delapan:
Ketika Kita Merasa Sudah Tidak Sanggup Lagi Dengan Permasalahan Kehidupan Apa Yang harus di lakukan ?…

Jawaban Dalam Al Qur’an : Yusuf (12) : 87

 

يٰبَنِىَّ اذْهَبُوا۟ فَتَحَسَّسُوا۟ مِن يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوا۟ مِن رَّوْحِ اللَّـهِ ۖ إِنَّهُۥ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِن رَّوْحِ اللَّـهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُونَ

 

87. “Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”.

 

Pertanyaan Ke Sembilan:
Seberapa Besar Ganjaran Pahala Yang akan Di Dapat Oleh Orang – Orang Yang Bersabar?…

Jawaban Dalam Al Qur’an : Az – Zumar ( 39 ) : 10

 

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ اتَّقُوا۟ رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّـهِ وٰسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

 

10. Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.

 

Allahu Akbar…. Sahabat bangtohir.com semua yang tercinta karena Allah Ta’ala… Itulah 9 pertanyaan dan Jawaban Langsung Dari Al Qur’an atas segala Permasalahan Kehidupan kita di dunia ini. Ane tidak akan menjelaskan bagaimana tafsirnya berkenaan dengan Ayat – Ayat Indah Al Qur’an Di atas , jika sobat punya banyak waktu silahkan mencari rujukan tafsirnya di kitab tafsir para ulama yang shohih…

 

Sudah tidak sanggup rasanya jemari ini mengetik lebih panjang lagi, hati ini begitu takut dan terasa hina sekali di hadapan Alloh sang Maha Pencipta jika menghayati begitu indahnya jawaban yang di sampaikan Allah Ta’ala kepada manusia seluruhnya di muka bumi ini, akankah kita tetap menjadi manusia yang banyak mengeluh dan enggan untuk beramal sholeh setelah mengetahui betapa Allah Begitu cintanya kepada kita semua, sehingga tidak ada satupun permasalahan kehidupan ini yang tidak ada solusinya jika mau berusaha semampu kita.

 

Tentunya tidak hanya sebatas Ayat – Ayat di atas yang bisa menjawab permasalahan hidup kita.. masih banyak lagi Ayat – Ayat Indah dalam Al qur’an yang memberikan solusi atas berbagai permasalahan kehidupan ini. Wassalam…

 

Jika berkenan silahkan di bagikan atau Share artikel jawaban Al Qur’an Atas setiap permasalahan kehidupan ini Ke Teman sobat Lainnya Semoga Menjadi Ladang Pahala bagi kita semua jika menyebarkan kebaikan.

 

Baca Juga: Pesan Keramat Untuk Para Suami Dan Calon Suami

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.