Inilah 8 Tips Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa

0
437

Tips Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa

Tips Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa
Tips Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa

Tips memulai bisnis Untuk mahasiswa kali ini bangtohir.com akan bagikan lewat artikel ini, semoga dengan ini bisa menjadi inspirasi bagi kaum pelajar mahasiswa dimanapun berada.

 

Memang untuk mulai berbisnis selagi masih berstatus mahasiswa sering menjadi dilemma tersendiri, karena dalam kondisi ini seorang mahasiswa harus memikul tanggung jawab double, disi lain ia harus mengejar materi dan nilai di bangku kuliah namun pada sisi lain ia juga harus berjuang keras bagaimana memajukan bisnis yang ia jalani, kalaupun belum memulai dan baru ingin melangkah maka akan menjadi problem bagaimana caranya memulai berbisnis dan tips membagi waktu antara kuliah dan bisnis, namun ini akan berbeda apabila kamu memang kuliah pada kampus yang bertujuan untuk mencetak generasi pengusaha masa depan keduanya akan lebih mudah di raih dan berjalan secara bersamaan.

 

Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh jika belajar merintis bisnis selagi mahasiswa, salah satunya akan menambah uang saku sehingga tidak memberatkan orang tua lagi jika berhasil, jangka panjangnya kelak ketika lulus bisnis yang kamu rintis sejak awal kuliah kemungkinan besar akan sudah menjadi bisnis besar dan tinggal mengembangkan sayapnya lebih lebar lagi, jadi ga perlu repot kesana kemari jual ijasah melamar perkerjaan.

 

“Jadilah Sarjana Pengusaha Atau Sebaliknya Menjadi Pengusaha yang Sarjana”

 

Sebagaimana telah dilansir oleh laman USA Today, Senin (16/3/2015), berikut ini langkah – langkah sederhana untuk memulai bisnis selagi masih kuliah:

 

1. Dapatkan mentor yang Tepat
Selagi masih kuliah mudah sekali untuk mendapatkan atau menemukan mentor bisnis yang bisa dijadikan tempat konsultasi, kamu bisa mencari dosen yang bersedia menjadi mentor kamu untuk menjalankan bisnis, saya rasa ada banyak dosen yang berbaik hati mau berbagi tentang ilmu bisnis, terlebih mereka lebih banyak pengalaman akan hal tersebut.

 

2. Membangun Bisnis dari Hobi Kamu
Kalua kamu punya hobi, dan tentunya pasti punya hobi, maka jadikan hobi menjadi awal untuk belajar berbisnis dari hobi, missal kamu hobi main bola, maka kamu bisa buka bisnis jasa pelatihan main bola untuk anak – anak kecil, hobi desain grafis kamu bisa buka bisnis desin baju, kartu nama, desain brosur dll, ada banyak hobi yang bisa dikembangkan dan dijadikan sarana memulai bisnis selagi masih mahasiswa.

 

3. Pelajari bagaimana cara mengontrol dana bisnis menjadi realistis
Jangan gegabah dalam mengeluarkan modal awal bisnis apalagi jika kamu masih ragu akan kejelasan masa depan bisnis yang ingin dijalankan, berhati – hatilah karena kamu tidak tahu betapa mahalnya hal – hal yang bisa mendukung bisnismu kelak.

 

4. Buat ide dan pikiran Cemerlang terhadap tugas kuliah kamu
Kalua di kampus ada tugas kuliah, missal membuat proposal bisnis, metode penelitian bisnis, laporan keuangan dll. lakukan dengan serius bahkan bila perlu buat dengan ide cemerlangmu sendiri, hindari hanya copas dari internet karena kamu nanti akan tahu betapa pentingnya ilmu membuat proposal, laporan keuangan dalam bisnis dan itu bisa membantumu untuk mendapatkan dana bisnis yang sedang kamu jalani.

 

5. Mulailah Berprilaku sebagai seorang Leader
Kamu harus tahu bahwasanya Menjalani bisnis itu membutuhkan waktu dan proses yang tidak instan. Melalui kerja keras dan perbanyak relasi atau jaringan, kamu bisa membangun bisnis meski masih mahasiswa. Jangan pernah menunda untuk mengerjakan sesuatu, dan mulailah berperilaku seperti pemimpin dari hal – hal kecil seperti berorganisasi dll.

 

6. Uji Ide Bisnis Kamu
tips memulai bisnis untuk mahasiswa bagian ini, Jika punya ide bisnis jangan asal jalan, melainkan kamu survey atau analisis pasar terlebih dahulu, jika potensi pasarnya memang menjanjikan oke silahkan lanjutkan ide kamu dengan mulai menjadikan ide tersebut sebuah bisnis nyata.

 

7. Kenali target pasar dan strategi pemasaran bisnis kamu
Pelajari siapa yang akan menjadi target pasar bisnis kamu, baik usia, kebiasaan, penghasilan, gender, kelas ekonomi mereka, selain itu kamu juga harus pelajari system pemasaran yang akan kamu gunakan, jika entah itu lewat media social, website, dll yang pasti berjalanlah sesuai target konsumen dengan strategi yang terstruktur secara baik.

 

8. Never Give Up dan Jangan Takut Gagal
Terakhir tips memulai bisnis untuk mahasiswa ialah Jika pada tahap memulai kamu banyak mengalami kendala dan tantangan dalam bisnis jangan cepat menyerah, terus lakukan sampai kamu benar – benar tahu itu akan berhasil atau sama sekali tidak cocok untuk kamu jalankan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi, bisa jadi selangkah lagi seharusnya kamu berhasil tapi karena berhenti akhirnya yang tinggal selangkah itu tidak bisa kamu raih.

 

Baca Juga: 9 Cara Sukses Di Usia Muda yang Pernah dilakukan Para Milyader Kelas Dunia

 

Jangan Takut gagal, kamu sudah tahu bahwasanya sejarah besar orang – orang yang berhasil mempersembahkan karya besar mereka sampai saat ini bisa dinikmati karena mereka tidak pernah takut gagal dan tidak menyerah hanya karena kegagalan bebeapa kali saja, melainkan mereka terus mencoba dan pada akhirnya BERHASIL, saya yakin kamu juga bisa Sukses Selagi Masih Mahasiswa.

 

Baca Juga : 4 Tips Presentasi Dadakan Agar Tidak Grogi

LEAVE A REPLY