9 Jenis Genre Buku Yang Paling Banyak Peminatnya dan laris Di Pasaran

0
248

Jenis – Jenis Genre Buku Yang Paling Banyak Peminatnya dan laris Di Pasaran

Jenis Genre Buku Yang Paling Banyak Peminatnya
Jenis Genre Buku Yang Paling Banyak Peminatnya – Ilustrasi

Genre Buku merupakan salah satu aspek penting yang harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk mulai menulis sebuah buku, sama seperti dalam menjalankan sebuah bisnis langkah awal yang harus kita perhatikan adalah trend pasar dan apa yang sangat banyak diminati oleh konsumen.

Buku yang ditulis tanpa memperhatikan trend pasar atau apa yang diminati oleh pembaca hanya akan menjadi sebuah karya tulis yang menumpuk dipercetakan yang pada akhirnya hanya akan menjadi salah satu karya yang hadir dalam ajang pelelangan buku murah yang harganya sangat jauh lebih rendah dari harga buku dipasaran.

Genre buku termasuk juga di dalamnya menyangkut hal sisi psikologis pembaca, karena tentunya anda tidak ingin hanya sekedar enulis sebuah buku tanpa ada orang yang berminat untuk membaca apa yang telah anda tulis. Kecuali memang sebagai ajang latihan saja.

Banyak sekali penulis diluaran sana yang harus menerima beban psikologis akibat menulis buku tidak sesaui dengan genre buku yang diminati, sehingga munculah pertanyaan dalam hatinya “ Mengapa buku saya tidak laku dipasaran?” dan “ Mengapa buku yang telah diajukan ke penerbit sama sekali gak ada kabar”, “Mengapa buku saya tidak diterbitkan?”..

Jika masalahnya ada dipenerbit, okelah mungkin anda bisa mengambil langkah lain yaitu dengan menerbitkan buku anda menggunakan modal sendiri dan juga harus berjuang untuk memasarkan sendiri, tapi itu berat dan tentunya anda harus bekerja lebih giat lagi serta membuat anda menjadi terhambat untuk menulis buku selanjutnya.

Apabila anda tidak ingin waktu anda habis sia-sia dan energy untuk menulis terkuras tanpa hasil apa-apa , Maka wajib bagi anda atau siapapun yang ingin menjadi penulis mengetahui apa saja jenis genre buku yang paling banyak peminatnya dan laris dipasaran.

Berikut ini bangtohir hadirkan dan berikan ada 9 jenis genre buku yang paling banyak peminatnya dan laris dipasaran:

1. Buku FIKSI

Buku dengan genre fiksi sampai hari ini masih sangat banyak diminati tidak hanya dikalangan remaja saja, karena buku jenis ini mampu memberikan semangat yang menggelora di dalam dada pembacanya.

Buku genre fiksi adalah jenis Genre buku yang ditulis dengan memanfaatkan kekuatan imajinasi seorang penulis dan biasanya tidak terikat dengan fakta.

Bisa berupa romance, cerita horor, humor,miseri, adventur dan lainnya.

2. Buku Inspirasi dan Motivasi

Manusia akan selalu membutuhkan inspirasi dan motivasi setiap hari untuk membuat hidup mereka penuh semangat yang membara. Buku bergenre inspiratif terbagi menjadi beberapa jenis seperti pengembangan diri, motivasi bisnis, motivasi hidup, berhubungan dengan dunia psikologi dan banyak lagi.

Buku Inspiratif tidak hanya sebatas memberikan hiburan bagi pembacanya melainkan juga penuh makna inspirasi dan motivasi yang membuat pembaca akan memiliki pandangan jauh kedepan setelah membaca buku dengan genre ini.

3. Buku Anak-anak (Children Book)

Genre buku jenis ini banyak sekali peminatnya dari kalangan anak-anak, karena dunia anak-anak sangat menyenangkan  sekali untuk di kupas, itulah mengapa banyak penerbit yang menjadikan kalangan anak-anak sebagai target market yang sangat empuk untuk memasarkan buku bergenre Children Book.

Genre Children book anda bisa menulis buku yang disertai gambar penuh dengan warna warni, Dongeng, belajar menggambar, berhitung dan pendidikan anak usia diri serta jenis lainnya.

4. Buku Bergenre Superlatif

Buku superlative adalah karya tulis yang berbicara seputar fakta dunia yang belum banyak diketahui oleh orang.

Buku Dengan genre superlative biasanya banyak berbicara tentang kejaiban, keunikan dan keanehan yang terjadi di dunia ini.

5. Genre Religion atau berkaitan dengan keagamaan

Buku yang berisi seputar keagamaan selalu menjadi trend pasar buku, buku jenis ini sangat menarik sekali, karena berhubungan dengan dunia spiritual.

Ketika anda ingin menulis buku yang berkaitan dengan keagamaan satu hal yang harus anda pahami adalah harus menguasai apa pun itu tentang keagamaan yang anda tulis, karena jika anda salah merangkai kata akan menimbulkan banyak kotra di kalangan pembacayang pada akhirnya akan masuk apda unsur sara dimana kita sering mengetahui disana saling ada balas membalas buku dari kalangan para ulama.

6. Buku dengan genre hiburan

Buku ini cukup mudah untuk anda jangkau jika anda seorang yang menyukai dunia hiburan dan humoris, Karena buku dalam kategori ini akan enyajikan isi yang bersifat menghibur, pengobat stress.

Anda bisa menulis seputar Dunia music, Tebak-tebakan, humur, komik lucu, dan buku hiburan lainnya.

7. Buku Seputar bahasa

Buku ini sering dikatakan sebagai genre language book, karena itu isi dari buku jenis ini akan banyak berbicara seputar tata bahasa, kamus bahasa, belajar menguasai bahasa asing, grammar, kosa kata dan lain sebagainya.

Bagi anda yangmemiliki keahlian di bidang bahasa terntentu maka akan sangat bagus mengambil peluang ini untuk menulis buku yang membahas seputar ilmu bahasa yang anda kuasai dan itu sangat laris di pasar karena banyak peminatnya.

8. Buku Tutorial atau panduan

Buku yang berisi tentang pelajaran tutorial, panduan dan sejenisnya selalu masuk dalam kategori buku yang paling banyak peminatnya. Karena buku yang bergenre How to ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca yang ingin menguasai cara tertentu.

Buku ini biasanya banyak tersaji seperti tutorial software, tutorial fashion, tutorial bisnis dan lain sebagainya. Pastinya isi dari buku ini akan menjurus pada panduan mudah dalam menggunakan sesuatu yang orang sama sekali belum tau atau ingin menguasai lebih lanjut sebuah materi tertentu agar lebih mahir dan lancer. Bisa juga buku bersifat tips dan trik dalam menyelesaikan suatu masalah yang banyak dihadapi pembaca di dunia nyata.

9. Buku sekolah

Buku ini berisi materi sekolahan, dengan adanya buku ini anda telah membantu para pelajar untuk lebih mudah menguasai materi di sekolah.

Jika anda ingin masuk dalam genre buku sekolahan, maka ketahuilah bahwasanya buku ini erat kaitannya dengan moment tertentu, seperti pada awal tahun atau akhir tahun dimana para siswa atau mahasiswa banyak mencari buku untuk mempermudah mereka memasuki ajaran baru.

Baca Juga: 7 Cara Menentukan Judul Buku Yang Menarik Minat Pembaca

Itulah Sembilan jenis genre buku yang paling banyak diminati dan laris di pasar buku, jika anda ingin berhasil dalam menulis buku serta bisa mendapatkan banyak peminatnya alias pembaca maka mulailah memilih salah satu diantara genre buku yang telah disebutkan diatas agar karya anda tidak hanya sekedar tulisansaja.

LEAVE A REPLY