Cara Setting Permaklink WordPress Agar SEO Friendly

0
423

Panduan Cara Setting permaklink WordPress Agar Seo Friendly

Cara Setting Permaklink WordPress Agar SEO Friendly

Mengapa perlu mengetahui cara setting permaklink wordpress yang seo friendly? Karena Permaklink dan Kata kunci dalam link artikel yang kita buat merupakan salah satu faktor terbesar yang sangat berpengaruh bagi ranking tulisan di website yang telah kita posting.

Mengapa settingan Permaklink perlu di ubah sebelum melakukan pengeditan pada pengaturan lain di wordpress? Karena permaklink default atau bawaan wordpress ketika kita Menginstall website wordpress untuk pertama kali struktur permaklinknya tidaklah seo friendly dan sangat buruk sekali menurut pakar team search engine google.

Cara Setting permaklink agar seo friendly sangat gampang sekali yaitu :

1. Login Ke wordpress yang ingin kamu setting permaklink menjadi seo friendly
2. Setelah berada di dasbor WordPress Pilih PENGATURAN
3. Selanjutnya Pilih PERMAKLINK

Atau begini urutannya: Dasboar website wordpressPilih PengaturanPermaklink

Disana anda akan menemukan beberapa model struktur permaklink yang bisa dipilih untuk website anda, seperti pada gambar berikut:

CARA SETTING PERMAKLINK WORDPRESS AGAR SEO FRIENDLY 02

Berikut ini ada empat pilihan permaklink yang banyak disarankan oleh para pakar seo website dari luar negeri yang bisa menjadi pilihan bagi para pemain website wordpress:

1. Domain.com/%Category%/%Post-name%/
2. Domain.com/Postname atau (/% postname%/)
3. Domain.com/%postname%/%numeric-ID%
4. Domain.com/%postname%/%post_id%/

Diantara keempat struktur permaklink diatas yang menjadi favorite dan pilihan terbaik para master seo ialah permaklink yang paling pendek alias permaklink yang seo friendly dan itu sangat disarankan untuk digunakan, permaklink yang dimaksud ialah :

Domain.com/%postname%/ karena struktur permaklink satu ini sangat ramah seo atau seo friendly. Anda bisa melihat website yang menurut saya sangat kuat dan kenceng sekali seonya ialah situs milik bule shoutmeloud.com dimana situs ini juga menyarankan kita menggunakan permaklink pendek ini.

Pilihan kedua bila website anda memiliki banyak kategori dibuat, maka para master seo juga ada yang menyarankan untuk menggunakan permaklink Domain.com/%category%/%postname% namun, bila anda masih baru menginstal website sebaiknya hindari permaklink jenis satu ini walaupun bagus, karena bila suatu saat kamu salah melakukan pengaturan pengindeksan website akan menjadi sebab adanya duplikat konten di website kamu.

Kemudian yang harus dihindari ialah dengan membuat permaklink berbasis tanggal di dalam permaklink anda. karena bila suatu saat anda ingin melakukan perubahan website dan kembali posting artikel serupa maka akan memperburuk website bila terlihat tanggal postingan berbeda, sementara artikelnya sama.

Permaklink WordPress Blog Untuk Website Berita atau Google News.
Permaklink yang seo friendly terbaik untuk website berita seperti apa?… menurut pakar dari seo dari shoutmeloud, struktur permaklink website yang anda bangun untuk menuju website berita berbeda dari permaklink secara umum bila ingin cepat diterima masuk ke google news. untuk membuat permaklink situs yang mengarah ke berita Anda perlu memiliki ID unik yaitu tiga digit angka di permalink Anda sebagaimana dimaksud dalam Persyaratan pengajuan google news.

Berikut struktur permaklink website WordPress yang dibuat untuk menjadi situs berita: Domain.com/%postname%-%post_id%/ ( Post Id maksudnya anda buat menjadi angka unik), jika anda belum yakin cobalah melihat postingan artikel di situs berita yang sudah masuk google news seperti detik.com atau beritasatu.com disana anda akan melihat struktur permaklink mereka pasti ada angka uniknya.

Update:: Sekarang struktur permaklink dengan ID tidak lagi menjadi syarat utama website bisa masuk google news, contohnya sudah banyak website dengan struktur url Domain.com/%postname% yang sudah ketrima di Google news. Website saya lebahmaster.com salah satu contoh realnya.

Beberapa waktu lalu, Matt Cutts, Seorang ahli search engine atau insinyur di Google juga mengubah struktur permalink blog WordPress nya menjadi permaklink yang seo friendly atau menjadi pendek yaitu domain.com/%pstname% dan inilah video penjelasan dari beliau pada channel Google Developer:

Memang pada penjelasan beliau tersebut tidak menyebutkan langsung mengapa harus menggunakan permaklink pendek atau setting permaklink yang seo friendly, akan tetapi secara garis besar beliau menyarankan kita untuk menggunakan permaklink tersebut untuk menjaga hal – hal kecil yang kemungkinan terjadi dan memperuruk ranking website.

Pada Intinya Menggunakan Permaklink yang seo friendly terbaik yaitu %postname% akan sangat membantu mempercepat larinya seo website anda di google engine dan mampu memenangkan persaingan artikel disana.

Oke, untuk sementara sekian dulu pembahasan mengenai Cara setting permaklink wordpress agar seo friendly dan pemilihan struktur permaklink terbaik kali ini, InsyaAllah pada kesempatan berikutnya saya akan berbagai bagaimana bila kita merubah struktur permaklink kita setelah website kita lama dibuat serta sudah banyak artikelnya agar tidak kehilangan traffic. Semoga bermanfaat dan silahkan Baca Juga: Hosting Terbaik Untuk Pembisnis Profesional

LEAVE A REPLY