Cara Muqobalah Langsung Ke Universitas Islam Madinah

0
351
Cara Muqobalah Langsung Ke Universitas Islam Madinah
Cara Muqobalah Langsung Ke Universitas Islam Madinah

Cara muqobalah langsung ke Universitas Islam Madinah ini diperuntukan bagi anda semua yang memiliki niat untuk menempuh atau melanjutkan kualiah di Madinah Arab Saudi, Salah satu universitas yang sudah sangat popular banyak dikejar para alumni pondok pesantren maupun lulusan madrasah luar adalah Universitas Islam Madinah.

Universitas Islam madinah setiap tahunnya memberikan peluang kepada siapapun dari generasi muslim untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis dan menanggung kebutuhan hidup selama menempuh pendidikan di UIM.

Ada beberapa Cara agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah di universitas islam madinah, diantaranya dengan mengikuti dauroh di Negara-Negara dimana para dosen mapun pengajar Universiatas Islam madinah datang, salah satunya Indonesia setiap tahunnya selalu ada kegiatan dauroh yang nantinya setelah kegiatan dauroh selesai dilanjutkan dengan Muqoballah langsung atau tes lisan bagi siapa saja yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri via online untuk ikut tes beasiswa masuk UIM.

Bahkan anda juga bisa ikut tes beasiswa tanpa harus mengikuti dauroh jika memang tidak punya waktu untuk mengikuti kegiatan yang biasanya berlangsung kurang lebih 1-2 minggu tersebut, yaitu hanya dengan datang ketika waktunya tes dimulai dan membawa nomor tes yang didapatkan ketika mengajukan berkas pendaftaran via online dari situs: http://admission.iu.edu.sa

Memang untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di madinah atau di UIM tidaklah semudah membalikan telapak tangan, meskipun bentuk ujian lisan atau wawancara terbilang mudah, tidaklah semua yang ikut tes bisa keterima meskipun bisa menjawab pertanyaan dengan mudah. Semua tergantung dari kehendak Allah ta’ala dan bagaimana anda menunjukan antusias dan kesungguhan ingin belajar disana ketika tes, bahkan ada beberapa saran jika ingin bisa keterima sebaiknya anda pandai-pandai merayu para Masyaikh yang menguji dan mengutarakan kesungguhan dengan beberapa alas an yang valid, missal ditempat anda benar-benar butuh da’I atau pendakwah dan lain sebagainya.

Adapun Materi tes juga tidak terlalu sulit karena masih berkisar diantara hapalan al Qur’an, Ilmu Fiqih, hadist, tjwid dan siroh nabawiah serta wawasan lain tentang sejarah para ulama mahzab besar. Namun yang pasti anda akan ditanya berapa hapalan al qur’an anda dan di suruh membacanya langsung tanpa melihat al qur’an serta membaca hadist yang anda hapal.

Diatas merupakan sekilas bagaimana proses saat mengikuti tes beasiswa masuk universitas islam madinah, Kami sendiri juga pernah mengikuti tes di Indonesia, waktu itu di ponpes Darussalam Gotor pnorogo, karena di Indonesia biasanya ada dua tempat dilakukan tes langsung yaitu di Ponpes Modern gontor Ponorogo dan di Ponpes modern darunajjah, terkadang juga ada di ponpes Islamic centre bin baz Yogyakarta.

Fakultas Bahasa Arab Universitas Islam Madinah
Fakultas Bahasa Arab Universitas Islam Madinah

Bagi anda yang kebetulan mendapatkan kemudahan untuk bisa datang langsung ke madinah Arab Saudi seperti dalam rangka Umroh dan haji, maka akan lebih baik jika anda sekalian melakukan Muqobalah atau tes masuk UIM disana dan InsyaAllah peluang keterima bisa lebih besar.

Baca: Sepenggal Kisah Impian Ingin Kuliah Di Kota Nabi yang Belum Terwujud

Adapaun Cara muqobalah langsung ke Universitas Islam Madinah ialah sebagai berikut step by stepnya:

Menggunakan visa umroh bisa langsung mendatangi kantor Imadah Qobul wa Tasjil UIM yang berada di dalam kampus posisinya dekat dengan Fakultas Bahasa Arab dan Fakultas Dakwah & Ushuluddin UIM, tinggal masuk lantai dasar belok kiri.

Jika belum daftar sebelumnya via online maka bisa di daftarkan diri anda langsung dengan hanya membawa persyaratan sebagai berikut:

  1. Fotocopy Paspor
  2. Pas Foto berwarna 4×6
  3. Fotocopy Visa
  4. ID Card
  5. Iqomah (bagi yang tinggal di saudi dengan visa bukan mahasiswa). Kemudiah pihak kampus memberikan roqm tholab (nomor pendaftaran) yang harus di simpan sampai pengumuman tiba tahun depannya.

Selanjutnya naik satu lantai dan interview (muqobalah) sekaligus tes di Lajnah Asia. Selepas itu, ketika selesai muqobalah diharapkan semua berkasnya di masukan sendiri via online ke situs http://admission.iu.edu.sa  pilih bahasa, kemudian pilih ta’dil tholab, dan silahkan masukan semua berkas kita yang sudah di scan meliputi:

  1. Ijazah SMA/sederajat
  2. Transkip nilai
  3. SKCK
  4. Dua Tazkiyah (surat rekomendasi baik dari tokoh agama atau dari lembaga keagamaan seperti depak atau lainnya)
  5. KTP
  6. Dan penunjang berkas lainnya seperti surat keterangan mu’alaf jika anda mu’alaf.

Sebaiknya semua berkas yang anda masukan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, meskipun sekarang sudah ada form berbahasa Indonesia namun dengan berkas berbahasa arab itu akan lebih baik.

Cara terakhir jika memang anda tidak bisa menempuh dua cara diatas tapi ingin sekali bisa berkesempatan kuliah gratis dan menuntut ilmu agama di universitas Islam madinah, maka anda bisa hanya mencoba mengirimkan berkas lengkap secara online via situs resmi http://admission.iu.edu.sa  seperti yang telah disebutkan pada cara nomor 2 diatas, ikuti proses pemasukan berkas sampai akhir dan anda akan mendapatkan nomor pendaftaran yang wajib anda simpan hingga pengumuman tiba karena nanti dibutuhkan untuk mengecek apakah anda diterima atau tidak.

Jika ada waktu setelah memasukan berkas pendaftaran online akan lebih baik juga menyempatkan diri untuk ikut Tes lisan langsung ditempat diadakannya tes berlangsung agar anda lebih yakin dan mantap. Adapun langkah terakhir adalah dengan memperbanyak do’a dan berbuat kebaikan agar dimudahkan langkah anda bisa berkesempatan belajar di Universitas ilam madinah secara gratis dan mengambil ilmu agama sebanyak mungkin karena disana anda akan berkesempatan untuk umoh dan haji gratis juga setelah resmi menjadi Mahasiswa Universitas Islam Madinah.

Baca: Mahasiswa Ini Nekat Lamar Putri Ulama Besar Saudi, Jawaban Ulama Tersebut Membuatnya Tercengang

Demikianlah sekilas informasi cara muqobalah langsung ke universitas islam madinah serta cara lainnya agar bisa mengikuti tes dan berkesempatan bisa menjadi Mahasiswa UIM, semoag Allah memudahkan jalan anda dan kelak bisa menjadi penolong agama Allah serta menjadi panutan Umat dalam meniti jalan kebenaran islam. Jika Ingin Informasi lebih detail mengenai pefdataran ke Universitas islam madinah anda bisa lebih banyak akses informasi di ppmisaudi.org atau kirim pertanyaan via emaik ke masiswa Indonesia yang ada disana lewat email berikut: ppmisaudi@gmail.com

LEAVE A REPLY