Cara Mudah Membuat Daftar Isi Di Blogger

0
497

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Di Blogger Blogspot

Cara Mudah Membuat Daftar Isi DI Blogger Blogspot

Cara mudah membuat daftar Isi di blogger sangat di perlukan sekali sebagai seorang bloger yang ingin menjadikan tampilan blognya lebih professional, membuat daftar isi juga akan membantu para pengunjung dengan mudah menemukan semua artikel yang ada di blog kita. Dengan adanya daftar isi tentunya anda sudah menjadikan diri anda sebagai seorang blogger yang memberikan solusi bagi pengunjung blog anda bagaimana cara mereka bisa menemukan judul artikel yang mereka butuhkan dan itu di bisa anda lakukan dengan mengikuti cara membuat daftar isi di blog yang kami share di artikel ini.

Cara mudah membuat daftar isi di blogger atau Blogspot ini sebenarnya bukan hanya bisa anda terapkan pada Blogspot atau blogger saja, karena cara ini juga bisa anda terapkan pada blog wordpress. Ibarat anda berjalan – jalan di tempta asing tentunya anda belum tahu sama sekali jalan apa dan kemana anda harus melangkah, begitulah juga halnya pengunjung blog kita, mereka tidak tahu ada tulisan apa saja di blog yang kita punya oleh sebab itu dengan membuat daftar isi pada blog akan menjadi peta atau petunjuk jalan bagi pengunjung untuk menemukan artikel apa yang ingin mereka baca.

Daftar isi kalau dalam istilah kerennya dunia blog sering di sebut dengan Sitemap atau peta situs yang berisi sekumpulan judul semua artikel tulisan yang sudah kita posting di blog.

Jadi ketika membuat sebuah daftar isi pada blog milik anda, bisa di beri nama dengan Daftar isi atau Sitemap atau peta Situs dan bisa juga dengan nama Arcive blog atau juga bisa terserah mau anda asal pengunjung paham bahwa anda punya Sitemap atau daftar isi.

Contoh Daftar Isi Blog Bang Tohir
Contoh Daftar Isi Blog Bang Tohir saat masih di blogger

Sudah terlalu panjang pengantar cara mudah membuat daftar isi di blog ini, selanjutnya kita langsung ke TKP cara membuat daftar isi pada blog berikut ini:

1. Login ke Blogger anda.

2. Pada bagian dasbord blogger pilih Page / Laman.

Daftar Isi

3. kemudian di bagian halaman atau Page anda klik buat halaman/ new page.

4. Tuliskan Judul “ daftar isi” atau ” SiteMap” atau terserah anda.

5. Copy Kode Script di Bawah ini kedalam halaman yang baru anda buat tadi, sebelum anda paste kodenya terlebih dahulu anda ubah Format ke HTML di samping kanan Compose.

Membuat Daftar Isi Blog

Pastekan Kode berikut:

<div style=”overflow:auto; border: 1px solid #000000; margin: auto; padding: 3px; width: 100%; height:270px; background-color: none; text-align: left;”>
<script style=”text/javascript” src=” http://mastergomaster.googlecode.com/files/daftar%20isi%20blog.js “></script>
<script src=”http://bangtohir.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc”></script></div>

Note:

  • Ganti Url blog di script warna merah dengan url blog anda.
  • Warna Biru untuk mengatur Tinggi.
  • Warna Hijau Untuk mengatur Lebar, tapi 100% udah otomatis menyesuaikan lebar laman blog kita.

6. Lalu Pastekan Kode Scriptnya disana.

Sebelum anda Save silahkan terlebih dahulu Klik tombol Revew / Pratinjau di pojok samping kanan, kalau sudah berhasil muncul daftar judul tulisan anda, itu artinya sudah bisa di save.

7. Lalu Klik SAVE dan halaman anda sudah berhasil di buat.

Setelah anda membuat halaman untuk daftar isi di blog anda , langkah selanjutnya adalah anda menampilkan halaman daftar isi yang telah anda buat agar bisa terlihat di bagian depan tampilan blog anda, untuk menampilkan halaman daftar isi, dan halaman yang lain yang telah anda buat bisa lewat tambahkan Wedget dengan memilih menu page atau halaman, atau anda juga bisa menampilkannya dengan memasang url halaman pada settingan HTML jika anda menggunakan template bukan bawaan dari blogger atau telah menggunakan kode script submenu lain.

Note: Jika kode Scritp sudah tidak berfungsi kemungkinan kodenya sudah di hapus oleh google dari penyimpanannya di google. Tapi selama anda masih melihat Sitemap pada blog bang tohir ini masih ada dan berfungsi itu artinya kodenya masih berfungsi dengan baik. Karena untuk blog ini bang tohir juga menggunakan kode tersebut.

Demikian cara mudah membuat daftar isi di blogger dengan menggunakan kode Scritp ini, semoga anda berhasil ya. Jika ada kejanggalan atau pertanyaan seputar cara mudah membuat daftar isi di blogger ini silahkan tinggalkan komentar anda di bawah postingan ini. Salam blogger.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.