Cara Menghapus Url Error Page Not Found 404 Secara Mudah Otomatis

4
820
Cara Menghapus Url Error Page Not Found 404 Secara Mudah
Cara Menghapus Url Error Page Not Found 404 Secara Mudah – Ilustrasi

Cara Menghapus Url Error Page Not Found 404 secara mudah kali ini bangtohir bagikan tipsnya untuk mempermudah pekerjaan para blogger yang mengalami masalah kesalahan perayapan url atau not found 404 di google webmaster tool.

Cara menghapus url error page not found 404 di webmastertool sebenarnya sangat mudah dan sudah banyak yang bahas, hanya saja kebanyakan tutorial yang ditemukan menyarankan kepada pemilik website untuk melakukan penghapusan secara manual atau kirim url satu persatu, tentunya cara manual menghapus url erro di webmastertool sangatlah membosankan dan juga memakan waktu lama, belum jemari kita menjadi pegal karena harus copas dan paste ke kolom penghapusan. Bayangkan berapa waktu habis hanya untuk mensubmit url erro di website kita??? kalau jumlahnya masih puluhan atau sekitar seratus mungkin bisa di teleransi menerapkan penghapusan secara manual dengan mensubmit url satu-persatu. Bagaimana kalau sudah terdapat ribuan url error crawl karena kta telah melakukan perubahan struktur permaklink atau url website??? apakah masih mau manual atau dibaiarkan saja?

Kalau dibiarkan saja tentu sangat berpengaruh buruk pada website kita, karena dinilai oleh google website kita seperti membohongi pembaca dan juga sangat berpengaruh terhadap penurunan ranking di search engine.

Baca: Tag Youtube Generator Tool Terbaik Dari Rapidtags

Sejujurnya saya pribadi mengalami masalah yang sama yaitu terdapat banyak sekali url error crawl alias not found 404 hal tersebut disebabkan karena saya secara full merubah permaklink setelah sekian lama dan sekian banyak artikel diwebsite saya yang lain, bukan website bangtohir.com ini. Setiap hari saya cek google webmaster tool dan melihat ada hampir dua ribuan url errorr alias tidak ditemukan, terang saja karena struktur url telah berubah.

Saya sempat melakukan submit url error secara manual minta dihapus dari hasil pencarian google, namun belum sampai puluhan saya melakukan secara manual ternyata benar-benar membuat bosan dan sakit mata hanya melihat satu halaman yang tampilannya itu-itu saja, belum lagi jemari dan pergelangan tangan mulai mengalami pegal karena harus bolak-balik copy dan paste ke kolom submit manual.

Sedikit curhat, terus terang ane hampir putus asa untuk melakukan penghapusan url error yang begitu banyak, namun karena merasa terganggu pikiran akibat visitor secara berlahan hilang dari 15ribu dratis ke 3000 visitor akhirnya mulai berusaha lagi mencari reverensi baca sana sini tulisan bule yang ahli coding dan tips seputar webmaster tool hingga bergabung diberbagai forum webmaster akhirnya menemukan juga solusi yang sangat bagus dan pastinya berhasil untuk diterapkan dalam menghapus url error not found di google webmaster tool.

Pake Juga: Alat Parse Kode HTML Iklan Untuk Blogger

Awalnya disarankan untuk membuat aplikasi sendiri dengan disuguhkan beberapa kode scrip yang sudah terintegrasi dengan webmaster tool namun setelah mengutak atik tetap saja gagal untuk terhubung ke API google webmaster tool dan akhir berusaha mencari lagi yang sudah jadi dibikin orang lain.

Akhirnya Setelah baca sana sini ketemu juga solusi paling mudah cara mengatasi 404 not found atau url error crawl di google webmaster tool tanpa harus melakukan submit manual satu persatu.

Baiklah Tanpa harus lebih panjang lagi curhatnya mengenail kelelahan saya sebelumnya memperbaiki ataupun menghapus url error crawl di webmastertool google, maka berikut saya bagikan cara mudah dan tanpa capek manual melakukan penghapusan url not found 404 di webmaster tool dengan menggunakan sebuah tool extensions yang gratis dan powerfull agar teman-teman tidak mengalami kecapeaan seperti saya sebelumnya.

Cara Menghapus Url Error Page Not Found 404 Secara Mudah Otomatis langsung Banyak sekaligus:

Langkah pertama: Login ke akun webmaster tool google milik teman-teman semua, kemudian KLIK CRAWL – Kemudian KLIK CRAWL ERROR dan Perhatikan disana bisa saja ditemukan error crowl baik dari dekstop maupun smartphone dan jika situs teman-teman sudah terdaftar di google news bisa jadi juga ada error di daftar url yang masuk google berita.

Langkah Kedua: Pada tahap Ini Tentukan mana yang ingin diperbaiki atau di hapus terlebih dahulu, apakah error versi server, dekstop, smartphone, atau berita.

Jika server tidak ada, karena ini jarang terjadi, maka saya sarankan ambil yang error di bagian dekstop saja, karena pada smartphone biasanya ikutan dari versi dekstop.

Selanjutnya KLIK DOWNLOAD dan simpan ke CSV atau Google Docs. Saya sendiri biasanya disimpan ke CSV (File Excel) bisa juga google docs karena hampir mirip nanti hasilnya.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found Webmastertool

Langkah ketiga: Silahkan anda ambil bagian url yang error di file excel hasil donwload tadi dengan memblock semua url dan copy ke notepad di komputer atau laptop anda lalu simpan file dokumen seperti biasanya atau save as.

Cara mengatasi Url Error Webmastertool

Langkah keempat: Saatnya anda mulai melakukan penghapusan massal dengan otomatis di webmaster tool dengan menggunakan Tools Extension yang dibuat oleh pengelola situs seobaz.com. bahasa aplikasinya menggunakan bahasa turki namun anda jangan kawatir karena kita hanya tinggal install dan klik saja untuk menjalankannya.

Sebelum anda masuk lagi ke webmaster tool, silahkan instal Tool Extension: Seobaz Webmastertools toplu 404 kaldır tool ini hanya berjalan pada browser Chroome. Penampakan tool ini seperti pada gambar berikut:

Update 14 Juli 2018 – Tool Telah diperbaharui oleh developer sehingga tampilan sedikit berubah, namun fungsi dan cara penggunaan tetap sama.

Cara Memperbaiki Error Not Found Di Webmaster Tool

Langkah Kelima: Setelah selesai Install extension di atas dan berhasil, Silahkan login atau buka kembali halaman webmastertool anda dan masuk pada bagian Google Index –> Remove urls. 

Pada bagian Ini anda sudah bisa melihat ada fitur baru untuk mengupload file list url yang tadi kita simpan di notepad, klik Choose File dan pilih file notepad. Lihat Gambar:

Cara Memperbaiki page not found di webmastertool

Setelah file terupload ke bagian choose file maka secara otomatis akan loading dan mulai memasukan url untuk dihapus tanpa harus anda submit manual satu persatu dan Ingat pastikan extension enable dan aktif di browser chrome anda agar semuanya berjalan dengan sendirinya.

Setelah proses berjalan anda sekarang bisa mengerjakan yang lain dan biarkan halaman webmaster tool yang menghapus secara otomatis tadi tetap terbuka alias jangan di close. Memang membutuhkan waktu lama jika url error di website anda memiliki jumlah yang banyak, namun anda hanya menunggu proses selesai tanpa harus mengerjakannya sendiri secara manual, karena tool tersebut sudah bekerja dengan sendirinya selama internet terkoneksi.

Catatan penting: Kita hanya boleh submit sebanyak 1.000 url untuk waktu yang masih rahasia, ada yang bilang 24 jam ada juga yang berpendapat 500 url sebulan dan 1.000 url submit untuk sebulan, karena kalau lebih dari 1.000 ada peringatan limit submit url. Terkait berapa lama batasan waktu untuk bisa submit kembali saya menemukan ada perdebatan panjang di forum webmaster di url ini: https://productforums.google.com/forum/#!topic/webmasters/TvTdyB9vv98

Ketentuan penghapusan yang dibuat google juga bisa dibaca dan dipelajari disini: https://support.google.com/webmasters/answer/6332384?hl=en&ref_topic=1724262

Bahkan sampai tim google sendiri turun tangan dan menyarankan agar tidak mengirimkan penghapusan karena robot tetap akan merayapi url tersebut setelah 90 hari, padahal bikin pusing kalau terus melihat banyak error disana. Itulah uniknya dunia internet yang selalu berubah dan penuh misteri hanya google yang tahu semuanya haha.

Paling Tidak dengan cara menghapus urrl error page not found 404 secara mudah dan otomatis ini kita tidak perlu melakukannya secara manual yang bikin lelah jemari dan habis banyak waktu hanya untuk submit hapus url di webmaster tool.

Solusi lainnya: Mengatasi url not found atau error akan lebih baik jika Didirect halaman Not Found tersebut dengan bantuan plugin direct/redirection atau jika memungkinkan lebih baik menggunakan plugin Seo premium yoast bagi yang menggunakan wordpress, namun yang blogger katanya tambahin rel=kanonikal untuk mendirect kehalaman tertentu.

Semoga Cara Menghapus Url Error Page Not Found 404 Secara Mudah dengan bantuan Tools untuk hapus url error di google webmaster tool ini bisa meringankan beban teman-teman semua yang terdapat banyak kesalahan url tidak ditemukan oleh robot spider google. Jika ada pertanyaan seputar penggunaan tool otomatis hapus banyak url tanpa manual diatas silahkan bertanya langsung via komentar dibawah ini ya.

4 COMMENTS

  1. wah keren gan tips nya, blog ane ada 291 error nya.. karena ternyata domain yang ane beli ini domain bekas, jadi banyak url hasil index dari owner lama..
    untung baca nih tips, jadi bisa otomatis, td kena limit setiap masukin 50 url, ane tunggu aja sekitar 1 menit, terus ane klik back aja di browser, nge muat lagi url nya buat di submit 😀

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.