Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found Pada Windows

0
7

Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found di Windows

Cara mengatasi server dns address could not be found pada windows 7 menjadi pembahasan singkat kali ini langsung disertai tutorial bergambar untuk membantu masalah internet pada laptop anda yang tidak bisa mengakses website atau alamat situs tertentu. Masalah cara mengatasi dns error dan server tidak ditemukan bisa saja muncul sewaktu-waktu tanpa terduga, bukan soal kecepatan internet yang bermasalah tetapi terkadang dikarenakan bermasalah pada server DNS dari ISP komputer atau laptop anda.

Pengertian DNS:

DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.

Cara mengatasi server dns address could not be found dalam artikel ini bang tohir tulis karena pernah mengalami hal serupa ketika ingin mengakses website sendiri dan selalu muncul tulisan “… Server DNS Address Could Not Be Found”. Namun setelah melakukan pengecekan pada kecepatan internet tidak bermasalah akhirnya melakukan pengecekan pada IP laptop dengan windows 7 yang kemudian melakukan perubahan atau menambahkan ‘Internet Protokol’ yang ternyata tidak ada selama ini.

Bagi anda yang bingung bagaimana cara mengatasi server dns address could not be found pada laptop windows 7, 8, 10 dst.. jangan panik apabila mengalami masalah dns error dan server tidak ditemukan karena kali ini bang tohir berikan cara mengatasi dns error dan server tidak ditemukan yang paling ampuh.

Langkah pertama cara mengatasi server dns address could not be found yaitu dengan mengkonfigurasi DNS server melalui Network Sharing Center, kemudian jika langkah pertama belum berhasil lakukan langkah kedua melalui perintah melalui command prompt.

Berikut cara mengatasi server dns address could not be found dengan langkah pertama dengan “mengkonfigurasi DNS server melalui Network Sharing Center”:

  1. Langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan meng-Klik Icon Internet atau sinyal di laptop berada di paling bawah sebelah kanan. kemudian klik tulisan “Open Network and Sharing Center”. lihat gambar:
Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found Pada Windows 7
Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found Pada Windows Laptop dan Komputer

2. Selanjutnya “klik tulisan Change adapter settings”. lihat gambar:

Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found

3. Langkah berikutnya, Pilih adapter (Koneksi Internet) yang anda gunakan. Misalkan anda terhubung di internet menggunakan kabel LAN, pilih Ethernet, atau jika menggunakan hospot ponsel pilih sesuai nama hospot. Dan jika anda menggunakan Wifi untuk terhubung di internet, pilih Wi-Fi. Dalam contoh kali ini saya menggunakan hospot ponsel dengan nama “haikamu“, maka dari itu klik kanan hospot ponsel ‘haikamu’ kemudian pilih Properties. Lihat gambar:

Cara Mengatasi DNS Error Dan Server Tidak Ditemukan

4. Setelah anda klik propertis, akan muncul pop-up yang berisikan daftar protokol di laptop atau komputer, maka, pilih dan klik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Lihat gambar:

5. Langkah selanjutnya, Anda pilih/tandai “Use the following DNS server addresses”, kemudian masukkan nomor atau kode DNS yang terdapat dibawah ini (silahkan coba salah satu). Kemudian pilih OK.

Google Public DNS
Preferred DNS server : 8.8.8.8
Alternate DNS server : 8.8.4.4

OpenDNS
Preferred DNS server : 208.67.222.222
Alternate DNS server : 208.67.220.220

*Jika salah satu berhasil cukup gunakan satu saja, jangan menggunakan dua-duanya. Gunakan terlebih dahulu dari Google Public DNS. Lihat Gambar:

Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found Windows Laptop

6. Terakhir, Setelah anda masukan kode DNS seperti pada gambar no.5, silahkan klik OK – OK lagi. selesai. coba akseskembali situs yang bermasalah ketika anda akses yang membuat muncul tulisan “server dns address could not be found”.

SOLUSI JIKA CARA MENGATASI SERVER DNS ADDRESS COULD NOT BE FOUND PERTAMA BELUM BERHASIL

Jika langkah pertama dengan melakukan konfigurasi DNS server melalui Network Sharing Center belum berhasil, maka gunakan langkah kedua ini yaitu memasukan perintah melalui command prompt.

Langkah pertama: Klik Menu START di laptop/komputer anda dan ketikan tulisan cmd atau command prompt pada kolom search. lihat gambar:

Langkah deua: Silahkan anda klik cmd/command prompt yang muncul dan akan muncul halaman pop-up kecil, silahkan anda ketikan secara manual peintah berikut ini:

ipconfig /flushdns
ipconfig /registerdns
ipconfig /release
ipconfig /renew
NETSH winsock reset catalog
NETSH int ipv4 reset reset.log
NETSH int ipv6 reset reset.log
Exit

tuliskan satu per satu sesuai baris dan tekan enter hingga sampai pada akhir anda ketikan Exit, seperti berikut:

Langkah terakhir, Jika anda sudah melakukan cara kedua diatas, silahkan restart ulang PC atau laptop anda. Dan coba browsing seperti biasa dan anda tidak akan lagi melihat error server DNS address could not be found muncul lagi.

Berdasarkan pengalaman bangtohir pribadi, cukup dengan langkah pertama saja yaitu dengan mengkonfigurasi DNS server melalui Network and Sharing Center saja sudah berhasil dan sampai sekarang tidak bermasalah lagi, selanjutnya tinggal anda mempraktekan dua cara mengatasi server dns address could not be found diatas, semoga berhasil.

LEAVE A REPLY