8 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar Di Rumah

0
358

Tips Cara Mengatasi Anak Malas Belajar Ketika Berada Di Rumah

Mendapati anak malas belajar merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para orang tau. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang membuat anak malas belajar, misalkan kecanduan gadget, main game online, komputer dan terlalu banyak nonton acara yang kurang mendidik di televisi. Meskipun bermain game atau menonton telivisi bisa meransang saraf motorik anak, namun kalau sudah menjadi kecanduan dan membuat mereka menjadi lupa waktu justru ini akan membawa dampak buruk bagi kecerasan si anak, apalagi jika sampai penyakit malas belajar sudah merasuki si anak.

Anak malas belajar bisa jadi dikarenakan mereka menganggap bahwa kegiatan seperti belajar membaca, menulis dan berhitung merupakan hal yang sangat membosankan bagi mereka, terlebih jika si anak sudah mengenal dunia hiburan di gadget maupun internet, mereka justru lebih bersemangat untuk bermain game ketimbang belajar. Terjadi pada sebagian anak justru mereka lebih perhatian pada handphone ketmbangkan pada pelajaran, bagi mereka handphone yang sering digunakan untuk bermain game bagaikan teman harian mereka, sehingga ketika orang tuannya menyuruh untuk belajar mereka tidak bergeming sedikitpun atau tidak ada lagi rasa ingin pintar.

Ketika Anak dibiarkan bebas bermain game dan memiliki gadget sendiri

Penulis pernah menyaksikan sendiri betapa buruknya efek dari membiarkan anak mengenal dunia game dan dibiarkan bebas bermain gadget maupun sejenisnya, karena hal tersebut membuat anak menjadi malas belajar dan prestasi sekolahnya juga secara dratis akan menurun, setiap waktu yang ada di otak anak adalah permainan – permainan yang sering mereka mainkan di ponsel pintar.

Anak yang kecanduan smartphone karena bermain game akan lupa waktu, dia bahkan selalu memikirkan permainan dan dengan siapa dia akan bermain, kalaupun tidak ada lawan main game dia akan mendatangi rumah temannya hanya untuk keperluan main game, inilah musibah bagi orang tua yang suka membiarkan anak dengan bebas mengenal gadget di usia dini.

Sebelum Terlambat, Perbaiki semuanya!

Bagi para orang tua yang saat ini memiliki anak malas belajar atau mungkin ada diantara anak-anaknya yang sudah kecanduan gadget dan bermain game, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan demi kebaikan masa depan si anak agar kembali normal dan mau belajar.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menumbuhkan kembali semangat belajar pada si anak buah hati belahan jiwa tersayang.

1. Jangan beri kesempatan pada anak untuk bermain gadget

Sebagai orang tua yang bijak, jangan sampai anda berfikir bahwa memanjakan anak harus memberikan mereka gadget atau membiarkan mereka bebas bermain game. Justru jika anda memanjakan mereka dengan membiarkan mereka bermain game atau main gadget secara tidak langsung anda telah membunuh masa depan mereka sejak dini.

2. Jadilah orang tua yang tidak emosional dan penyabar

Diantara cara mengatasi anak malas belajar yang bisa ditempuh salah satunya adalah dengan menjadi orang tua yang tidak emosional dan penyabar. Ketika Anda mengajarkan anak untuk menyelesaikan tugas sekolahnya, jangan sampai Anda memarahinya. Memarahi anak hanya akan membuat anal menjadi merasa enggan dan kapok untuk belajar lagi dan pada akhirnya bagi mereka belajar adalah hal yang menyeramkan dan bisa berakibat buruk terhadap mental anak.

3. Ciptakan suasana belajar sambil bermain

Cara mengatasi anak yang malas belajar selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana belajar sambil bermain. Untuk mencegah rasa bosan dan mencuri waktu bermain anak Anda untuk belajar, sebaiknya Anda menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya saja seperti membeli permainan yang mempunyai nilai edukasi seperti balok sisin yang diurutkan dengan huruf alfabet. Hal tersebut cukup ampuh untuk melatih daya ingat anak Anda dalam menghafal huruf-huruf alfabet.

4. Reward

Cara mengatasi anak yang malas belajar berikutnya adalah dengan memberikan reward. Bagi orang tua yang merasa bingung tentang cara membujuk anak Anda supaya mau belajar, reward merupakan cara yang cukup ampuh. Anda dapat menawarkan hadiah kepada anak Anda jika ia berhasil mendapatkan nilai yang baik di kelas. Dengan begitu anak tidak akan malas dan akan menjadi lebih semangat lagi untuk belajar.

5. Berikan Motivasi pada si anak

Motivator terbesar bagi anak adalah orang tuanya, terutama sentuhan nasehat dari seorang Ibu.Jangan bosan untuk terus memberikan nasehat semangat pada si anak, tunjukan contoh baik berupa kisah maupun film dan video pada mereka sosok keberhasilan anak kecil yang mampu menguncang dunia dengan keahlian dan kecerdasan mereka, karena dengan begitu anak yang malas belajar akan termotivasi untuk semangat belajar karena ingin meniru yang mereka lihat maupun yang ia dengar dari lisan orang tuanya.

6. Belilah buku dengan hiasan yang menarik

Cara mengatasi anak yang malas belajar yang lain adalah dengan membeli buku yang memiliki hiasan menarik. Belilah buku-buku yang bisa menggugah selera anak Anda untuk belajar. Seperti halnya, ketika anak Anda suka dengan tokoh kartun batman, maka yang perlu untuk Anda lakukan adalah membeli perlengkapan sekolah dengan motif tokoh kartun tersebut. Dengan begitu anak Anda akan lebih mudah tergugah untuk selalu belajar.

7. Kenali Anak anda dengan baik

Orang tua harus mengenali anaknya dengan baik, bukan hanya mengenal secara fisik tapi juga secara psikologi, cari tahu dimana minat dan bakat anak anda yang lebih menonjol. Jika sudah mengetahui bakat dan minat anak maka arahkan bakat dan minat tersebut dengan baik pada hal-hal yang positif dan jadikan sebagai senjata untuk membuat mereka menjadi rajin belajar. Misalkan, jika anak hobi mengambar maka usahakan bagaimana agar anak bisa memahami pelajaran lain seperti matematika yang dibahasakan melalui gambar.

8. Bukan soal Kecerdasan tapi tentang bagaimana mereka terus mengasah kemampuan diri

Ketika mendapati anak anda mungkin agak lambat dalam hal menghitung dan lainnya, maka jangan langsung mengatakan bahwa mereka bodoh, terbelakang atau tidak pintar. Apalagi jika diucapkan dihadapan anak, karena akan membuat mental mereka semakin ciut serta tidak mau belajar sama sekali. Katakan pada mereka bahwasanya yang berhasil bukanlah diukur dari kecerdasan, tapi dari kesungguhan. Barang siapa yang bersunguh-sungguh merekalah yang akan bisa meraih kesuksesan. Karena orang pintar bisa dikalahkan oleh orang yang rajin belajar dengan sungguh-sungguh.

Ada banyak cara mengatasi anak malas belajar yang bisa diterapkan oleh para orang tua yang menginginkan anak mereka bisa menjadi anak yang pintar dan rajin belajar, namun ketahuilah bahwasanya, waktu terbanyak si anak adalah dirumah, jangan hanya mengharapkan pendidikan di bangku sekolah karena waktu sekolah hanya sebentar. Kebersamaan anda dengan anak andalah yang lebih banyak waktunya dan itulah kesempatan terbaik bagi anda untuk memperhatikan mereka. semoga dengan melakukan beberapa cara di atas si kecil bisa lebih rajin lagi untuk belajar agar meningkat prestasinya.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Ibu yang Baik Bagi Anak Laki – Laki

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.