7 Cara Menentukan Judul Buku Yang Menarik Minat Pembaca

0
212
Cara Menentukan Judul Buku yang Menarik Minat Pembaca
Cara menentukan Judul Buku yang Menarik – Ilustrasi Image

Cara menentukan judul buku memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan, terlebih bagi yang baru ingin memulai menjadi seorang penulis buku. Judul pada sebuah buku memiliki peran yang sangat ampuh untuk menarik meinat dan rasa penasaran pembaca agar mau membaca bahkan membeli buku karya anda.

Menurut penelitian, judul memiliki peran sekitar 80 persen menentukan apakah orang lain mau membaca isi tulisan atau tidak, itulah mengapa banyak sekali sekarang kita menemukan sebuah artikel yang judulnya sangat luar biasa namun isinya jauh dari biasa atau yanh disebut dengan istilah “Klik bait” Judul tidak seperti apa yang ada dalam isi bahkan tidak ada sama sekali.

Sama Halnya dengan sebuah buku, bukan hanya soal desain covernya yang menarik namun judul juga sangat penting untuk diperhatikan ketika seseorang ingin menulis sebuah buku yang bisa laris dipasaran.

“If You Really Want to know yourself, start by writing a book”

Shereen El Feki

Banyak kasus hasil karya tulis berupa buku cetak tidak terjual sama sekali meskipun isinya sangat luar biasa, itu karena mereka urang tepat dalam membuat judul buku yang telah mereka tulis selama berhari-hari.

Baca Juga: 4 Tips Presentasi Dadakan Agar Tidak Grogi

Bagi kamu yang memiliki cita-cita ingin menjadi penulis buku yang profesional, maka mulailah menentukan judul buku yang menarik agar nantinya tulisan anda banyak peminatnya. Ada beberapa cara menentukan judul buku yang menarik minat pembaca untuk membantu anda dalam menemukan ide membuat judul buku, diantaranya sebagai berikut:

  1. Membuat Judul Berupa Daftar atau List

Judul buku berupa list atau daftar beberapa tahun belakangan ini sangat populer dikalangan penulis, banyak sekali buku bermunculan dengan memuat judul yang berupa daftar atau isi. Mereka berharap agar pembaca bisa mengetahui apa sebenarnya isi sebuah buku tanpa harus melihat daftar isi buku tersebut dan lebih membantu konsumen memahami tujuan dari buku tersebut.

Judul buku berupa daftar atau list juga akan membantu anda lebih mudah dalam menulis bukuberdasarkan poin-poin yang telah anda susun sebelumnya dalam kerangka tulisan.

Anda bisa membuat judul buku seperti:

– 99 Rahasia sukses dalam …

– 50 Trik Bisnis sukses ala…

– 100 ide bisnis yang pasti laris di …

Biasanya judul buku yang berupa daftar mengambil angka gantil yang akan membuat pembaca semakin penasaran dan ingin sekali mengetahui isi sebuah buku tersebut.

  1. Membuat Judul buku yang berupa “Rahasia” dan “Keajaiban”

Di jaman ini bukan hal aneh bisa banyak orang suka yang bersifat rahasia dan ajaib, bahkan dalam kehidupan nyata sekalipun banyak manusia ingin langsung berada dalam situasi yang bersifat rahasia dan penuh dengan keajaiban.

Judul buku yang mengandung kata “Rahasia” maupun “Keajaiban” sudah banyak kita ketahui mampu menembus pasar penjualan dengan kategori “Best Seller”.

Sebagai contoh judul buku:

– “Rahasia Sholat Malam” – Dr.Said Bin Ali Bin Wahf Al-Qathanaani.

– “7 Keajaiban Rezeki” – Ipho santosa.

– “The Secret” – Rhonda Byrne.

Ada banyak lagi judul buku yang berhasil laris manis dengan menggunakan judul buku yang menggandeng kata Rahasia dan Kejaiban.

  1. Membuat Judul Buku yang menjual Mimpi

manusia banyak yang ingin hidupnya bisa berubah seara instan dan cepat hanya dalam waktu singkat, ini bisa menjadi peluang anda bagi para penulis buku untuk menjangkau banyak manusia yang ingin hidup dalam percepatan.

Terkait hal ini dalam menentukan sebuah judul buku yang menjual mimpu anda bisa menentukan judul dengan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

– Cara Cepat dapat…

– Cara cepat kaya hanya dalam…

– Cara Kilat meraih kesuksesan…

– Strategi jitu …

– Cara Ampun paling praktis…

Dengan kata lain, ketika anda memilih cara menentukan judul buku dengan metode ini anda harus benar-benar memikirkan kata yang tepat dan mampu membius otak pembaca yang melihat judul buku anda.

  1. Membuat Judul buku yang bersifat pertanyaan

Cara menarik dan mudah lainnya dalam menentukan judul buku anda adalah dengan membuatnya menjadi sebuah pertanyaan yang membuat pembaca merasa tertantang ingin mengetahui jawabannya segera.

Anda bisa membuat judul dengan kalimat pertanyaan yang super dan langsung merasuk ke otak pembaca, misalkan sebagai berikut:

– Bagaimana cara membangun bisnis hanya dalam …

– How to be …

– mengapa manusia …

– bagaimana menaklukan hati wanita yang …

– Apa rahasia sukses orang …

– Agama apa yang pantas bagi pohon – pohon – Eko Triono

Dengan membuat judul yang bersifat pertanyaan anda akan membawa pembaca menjadi manusia yang ingin mengetahui banyak hal terutama apa yang selama ini belum pernah mereka pikirkan namun selalu terjadi dalam kehidupan nyata.

Kata Kata Motivasi Tentang Menulis

  1. Membuat judul buku dengan metode yang sifatnya sensasional dan Bombastis

Judul buku dengan gaya sensasional dan bom bastis sangat mampu menarik minat pembaca agar mau mengetahui isi buku tersebut, ada banyak sekali buku-buku laris dan best seller dengan mengambil tema yang sifatnya sensasional dan bombastis.

Sebagai contoh judul buku:

– Udah Putusin aja – Ust. Felix y. Siauw.

– Kambing Jantan – Raditya Dika

– Ketika Cinta Bertasbih – Ust. Habiburrahman El Shirazy

– Terapi Berpikir Postif – Dr. Ibrahim El Fikri

– Waspadalah, Buku Ini akan membuatmu…

– Syurga Yang tak Dirindukan – Asma Nadia

Dan banyak contoh lainnya yang bisa anda ikutin gaya  penulisan judul buku dengan metode sensasional dan bombastis.

  1. Membuat Judul Buku yang bersifat unik dan menarik

cara lainnya yang bisa anda gunakan dalam menulis sebuah judul buku ialah menggunakan kata-kata yang sifatnya unik dan menarik.

Judul buku yang unik anda bisa menggunakan gabungan dua kata yang tak lazim dan asing terdengar, Bisa juga dengan memplesetkan kata menjadi aneh dan unik.

Judul buku yang unik dan menarik lainnya bisa dengan menggabungkan dua kata dari bahasa yang berbeda, seperti bahasa inggris dan indonesia.

Diantara contoh buku yang menggunakan kata unik dan menarik seperti:

– Mencari Tuhan yang hilang – Ust- Yusuf Mansyur

– The Power Of Kepepet – Jaya setia Budi

– Instal ulang sholatmu – Jasmine Asyahida

– Tuhan Tidak Makan Ikan – Gunawan Tri Admojo

Serta banyak contoh lainnya dari karya penulis yang menggunakan judul buku dengan gaya unik dan menarik.

  1. Membuat Judul Buku dengan gaya Gokil dan Konyol serta Lucu

Bagi anda yang humoris dan mau memiliki karya tulis buku cetak, maka akan lebih mudah dalam menentukan ide sebuah judul buku anda dengan mengambil metode pembuatan judul yang sifatnya gokil dan konyol.

Pada dasarnya ketika anda membuat sebuah judul yang gokil dan konyol maka sudah pasti anda akan menyajikan isi yang sifatnya humoris dan menghibur pembaca yang otaknya penuh dengan kepenatan.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel SEO Ala Bang Tohir

Itulah diantaranya tujuh cara menentukan judul buku yang menarik bagi pembaca yang memiliki hobi membaca, dengan mengambil metode diatas dalam pembuatan judul buku anda maka akan lebih mudah dalam menemukan pasar untuk karaya buku yang telah anda perjuangkan dalam menulisnya dan tidak akan sia-sia tulisan anda. Semoga berhasil dan menjadi penulis hebat.

LEAVE A REPLY