Cara Mencegah Pencurian Artikel AutoBlog WordPress

0
454

Tips Cara mengatasi pencurian konten oleh AutoBlog / Blog AGC (Automatically Generated Content) Di WordPress

Cara Mencegah Pencurian Artikel AutoBlog WordPress

Persaingan website semakin hari semakin ketat, meskipun demikian banyak orang yang semangat membuat blog tapi ternyata semangatnya tidak dijalani dengan benar alias masih malas juga untuk menulis artikel original, padahal untuk memiliki sebuah blog yang baik dan berkualitas diperlukan juga kemauan untuk menulis sendiri atau paling tidak menulis ulang dengan bahasa sendiri agar isi website tidak terjadi duplikat konten.

Tidak dipungkiri juga banyak kasus pencurian konten dengan melakukan autoblog atau membuat blog dengan AGC ( Automatically Generated Content). Biasanya para pelaku pencurian ini hanya mau mengambil keuntungan sementara, karena memang blog auto tidak akan bertahan lama diperedaran google search engine.

Bagi pencuri memang secara materi dunia mereka untung karena tidak perlu capek menulis, akan tetapi bia berpikir dua kali dengan serius mereka seharusnya menyadari betapa cara tersebut tidaklah benar dalam mencari rezeki, karena Mengambil keuntungan dari kerja keras orang lain tanpa izin, apakah berkah?….

Nah, untuk yang ingin bermain sehat dan juga pengen agar blog wordpressnya aman dari tindakan pencuri konten artikel otomatis, ada beberapa cara untuk mengatasi kemungkinan tersebut, diantaranya:

Pertama: lakukan penyetingan wordpress di terlebih dahulu

Pergi ke pengaturan website wordpress anda: LoginSetting – Pada bagian For each article in a feed, show, Centang ” Summary“.

Cara mencegah Pencurian Artikel Autoblog AGC

Tujuannya adalah supaya isi artikel kita yang nantinya muncul diblog lain tidak ditampilkan semuanya, jika orang ingin membaca isi lengkap tulisan maka dia harus membacanya diblog kita. Lumayankan buat Traffic dan juga dapat backlink gratis.

Kemudian Langkah kedua: Daftarkan Blog di: FeedBurner

  • Bikin akun disana, daftar pake email Gmail jika belum punya akun feed burner.

Disana sdaftarkan blog dengan memasukan url Feed Default Blog anda.

  • Jika blogspot url feednya:http://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default/
  • Untuk WordPress Url Feed default:http://www.blogkamu.com/feed/

Cara Daftar di Feedburner

Silahkan Klik Next terus sampai proses pendaftaran Blog selesai di feed burner.

Jika pendaftaran sudah selesai, langkah selanjutnya setting pengaturan pada “Summary Burner” .

Cara Setting Pengaturan Feed Summary urner

 

dan aktifkan fitur summary burner blog anda. Pada Kolom “Teaser” isi dengan kalimat yang mengajak orang untuk mengunjungi blog anda dan masukan url blog. lihat contoh gambar dibawah.

Pada “Maximum Lenght” adalah pengaturan jumlah kata summary yang ditampilkan dari isi artikel anda. bisa ditentukan sendiri berapa karakter yang ingin ditampilkan.

summary Feed Burner

Aktifkan Summary feed Burner dan Save, dengan demikian, jika ada yang menghubungkan blog anda dengan blog AGC atau autoblo maka artikel anda hanya akan ditampilkan sedikit saja atau separohnya kemudian dibawahnya akan mengajak pembaca untuk menuju ke sumber artikel alias blog anda.

Baca: Cara Memasang Video Youtube di Widget WordPress

Contoh tampilan ringkasan dari Feed Summary Burner blog ketika sudah di setting:

Contoh Summary Feed Burner

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan cara mencegah pencurian artikel autoblog di wordpress milik anda, memang tidak 100 persen mampu mengamankan pencurian konten kita, karena jika cara ini membuat mereka sedikit akses maka bisa saja dengan cara Copas langsung artikel kita (atasi dengan plugin anti copas), akan tetapi setidaknya kita sudah membatasi akses pelaku Autoblog yang ingin memanfaatkan blog sebagai pengisi blog auto mereka.

Biasanya, Blog yang sering menjadi sasaran para autoblog adalah yang rajin update setiap hari. Jika ada yang masih belum dipahami silahkan berdiskusi via komentar dibawah artikel ini ya,

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.