Cara Menautkan dan memverifikasi Website di Akun Youtube Channel

0
1018

Cara Menautkan Situs Website Pada Channel Youtube

Sudah punya channel youtube dan website yang terverifikasi di webmaster tool? kalau sudah punya kini saatnya kamu untuk menghubungkan keduanya, karena fungsinya ada banyak sekali untuk kebutuhan promosi website dan juga keperluan status youtube kamu.

 

Menautkan situs website yang sudah terverifikasi di webmaster tool google bermanfaat untuk keperluan berikut:

Pertama: Jika kamu ingin membuat url khusus untuk channel youtube kamu, maka dengan memverifikasi website atau blog yang sudah terdaftar diwebmaster tool google pada akun youtube sudah bisa langsung tanpa harus menunggu jumlah subsribe mencapai 100 subscriber.

 

Perhatikan pemberitahuan dari youtube berikut tentang mendapatkan url youtube khusus:

Cara Menautkan Situs ke Youtube Channel

 

*** Lihat pada tulisan yang di dalam kotak merah.

Apa sih Url Khusus channel Youtube? url khusus adalah merubah url yang tadinya berupa kode unik menjadi sesuai apa yang kamu mau baik nama kamu atau terserah apa maunya, contoh url khusus seperti ini: http://www.youtube.com/MuhammadTohirborneo

 

Note: ketika kamu ingin mendapatkan url khusus dengan memverifikasi situs maka sebelum kamu membuat username sesuka kamu akan di awali dengan nama situs kamu. jadi baiknya membuat url khusus dengan subscribe saja, kecuali channel youtube kamu mewakili nama situs atau perusahaan dengan nama yang sama sesuai nama domain website yang dimiliki.

 

Contoh Url khusus hasil yang dibuat menggunakan situs terverifikasi: youtube.com/c/Lebahmasterproduction (yang warna merah adalah nama domain dan production merupakan tambahan yang saya buat).

 

Kedua: Apabila kamu ingin mempromosikan situs kamu dengan video di youtube dengan menautkan url dari website agar muncul ketika video sedang di tonton maka dengan cara ini sudah bisa, inilah yang disebut dengan fitur “Anotasi” dan “kartu/card” di youtube. lihat gambar dibawah ini:

Cara menautkan situs ke youtube Channel 02

Perhatikan Juga apa kata Youtube support berikut:

Cara Menautkan Situs Ke Youtube 03

karena kalau situs kamu belum terverifikasi di akun youtube maka untuk memanfaatkan kedua fitur youtube ini untuk keperluan mengarahkan penonton agar mengklik dan mengarah ke website kamu tidak akan bisa.

 

Ketiga: Untuk Keperluan Backlink ke website, pada tahapan ini kalau kamu yang sudah paham apa itu backlink maka disini peran pentingnya. karena backlink dari youtube sangatlah bagus sekali untuk website kita, diaman youtube telah memiliki page rank 9 di google. tentu saja semakin menambah kredibelitas ranking website kamu di search engine.

 

Keempat: Manfaat Lain Jika Channel Youtube Kita terhubung dengan website berkualitas dan berumur akan semakin menambah kualitas channel youtube, artinya video dan channel kita semakin mudah ditemukan dan naik.

 

Ada banyak lagi manfaat menautkan dan memverifikasi situs kita di akun youtube, so ayo segera tautkan situs kamu dengan mengikuti panduan berikut:

 

Catatan: Sebelum menautkan situs ke akun youtube, pastikan channel kamu sudah terverifikasi baik dengan nomer ponsel atau membuat default youtube di pengaturan. lihat gambar urutan pengaturan channel berikut:

Memverifikasi Website di Akun Youtube

1. Login ke youtube kamu dan juga login ke akun google webmaster tool
2. Pergi ke pengaturan akun youtube atau creator Studio

Verifikasi Situs Di Youtube
3. Selanjutnya Pilih SaluranLanjutan : lihat gambar:

Memverifikasi Website di Youtube

4. kemudian masukan url situs web blog kamu pada kolum tempat menautkan situs. seperti pada gambar:

Cara Memverifikasi Situs di Youtube

5. langkah terakhir adalah klik tautkan atau verifikasi situs.

 

Note: Jika situs anda sudah terverifikasi di google websmater tool maka secara otomatis akan berhasil memverifikasi situs yang ditautkan ke akun youtube. tapi jika belum punya situs yang terverifikasi di webmaster tool google atau Search Console Google maka kamu harus menuju ke google webmaster tool terlebih dahulu dan memverifikasi situs kamu disana.

 

Begitu juga apabila kamu menautkan situs web untuk pertama kali di akun youtube maka situs kamu akan diperintahkan untuk menuju google webmaster tool untuk memverifikasi situs dan akun youtube yang dihungkan.

 

Langkah verifikasi akun youtube di webmaster tempat kamu mendaftarkan website akan muncul otomatis setelah nantinya kamu menekan verifikasi situs di akun youtube.

 

Catatan penting terakhir: pastikan channel tempat kamu menautkan situs dibuat dengan akun gmail yang sama dengan akun webmaster kamu agar lebih gampang menuju google webmaster tool. Tapi apabila website kamu terverifikasi di google webmaster tool pada akun gmail yang berbeda dengan akun gmail untuk login ke youtube maka kamu harus login lagi dengan gmail yang digunakan untuk daftar webmaster tool atau google search console.

 

Jangan sekali-kali mencoba memasukan url website atau situs orang lain pada channel Kamu, karena pasti akan ketahuan oleh pemilik situs, memasukan situs orang lain juga membuat kamu tidak bisa melakukan konfirmasi dan sama saja sia -sia. karena setiap menautkan situs akan diminta verifikasi kepemilikan situs dan menyetujui penautan di webmaster tool.

 

*** Kami sendiri sering mendapatkan notifikasi kalau ada yang mau menautkan situs bangtohir lainnya untuk channel mereka, tapi gak never mind mungkin mereka belum tahu kalo gak boleh…

 

Jika memang ingin menggunakan website bangtohir.com untuk memverifikasi channel kamu tidak masalah asalkan minta ijin terlebih dahulu dan channelnya bukan channel yang berisi konten gak bener.

 

Baca Juga : Syarat dan Cara mendapatkan Lencana Verifikasi akun youtube channel

 

Demikianlah ulasan panjang cara menautkan situs website baik wordpress maupun blogger pada akun youtube agar menambah kekuatan verifikasi channel. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.