Cara Menampilkan Komentar Facebook Di WordPress Tutorial Bergambar

0
472

Cara Menampilkan Komentar Facebook Di WordPress Step By Step

Cara Menampilkan Komentar Facebook Di WordPress
Cara Menampilkan Komentar Facebook Di WordPress Tutorial Bergambar

Cara Menampilkan Komentar Facebook Di WordPress hingga sekarang sebenarnya sudah menjadi pembahasan umum di dunia blogging dan sejenisnya, dan tentunya ketika kamu sudah berada pada halaman ini ada tujuan yang sama yaitu ingin menambahkan komentar facebook di wordpress kamu.

Facebook adalah jaringan sosial terbesar di dunia. Itu sebabnya sebuah situs besar seperti TechCrunch juga menggunakan sistem komentar Facebook bukannya komentar WordPress standar bawaan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menampilkan komentar facebook di wordpress hingga bagaiaman cara melakukan setingan di dalamnya.

Tapi sebelum kita mulai membahasan cara menampilkan komentar facebook di wordpress, mari kita mengetahui mengapa banyak orang ingin menggunakan kotak komentar Facebook untuk website mereka bukannya komentar WordPress standar.

Pro dan Kontra menggunakan Komentar Facebook di worpress

Salah satu manfaat yang jelas menggunakan komentar Facebook adalah bahwa ia akan membantu pemilik website untuk meningkatkan visibilitas situs media sosial besar facebook. Bila ada pengguna yang meninggalkan komentar pada website kamu, mereka dapat juga langsung mencentang pada kotak komentar untuk berbagi komentar mereka dengan teman-teman di Facebook mereka yang memiliki potensi yang besar untuk lalu lintas traffic tambahan ke website kamu.

Manfaat lain dari menggunakan komentar Facebook di wordpress adalah bisa mencegah dan menghapus faktor anonim, sehingga pengguna lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan komentar Spam karena terikat ke profil Facebook mereka. yah, walaupun masih ada juga yang nekat melakukan spam gak jelas tapi ini akan lebih baik bagi situs kita.

Menambahkan Komentar facebook di wordpress juga memiliki kelemahan utama. Sering pengguna tidak nyaman meninggalkan komentar menggunakan profil Facebook mereka karena lebih suka menyembunyikan profilnya.

Oke selanjutnya Mari Kita mulai membahasa bagaimana Cara menampilkan komentar Facebook di wordpress step by step.

Cara Menambahkan Komentar facebook di WordPress:

Step 1: 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Komentar Facebook yang bisa kamu instal langsung di add new plugin atau mendownload manual dan instal manual.

Step 2: aktivasi Plugin

Setelah menginstal plugin lalu melakukan aktivasi, dan pergi ke Pengaturan (Setting) » Komentar Facebook (Facebook Comments) untuk mengkonfigurasi plugin.

Pengaturan Facebook Comments

Note: Untuk bisa menggunakan komentar Facebook pada situs kamu, diperlukan untuk membuat Facebook app. Jika belum pernah memiliki Facebook App ID, berikut cara membuat App dan mendapatkan Facebook ID: *** Jika sudah ada lewati langkah ini.

Step 3: Membuat ID Aplikasi facebook, Jika belum punya.

1. Login Ke akun profil facebook Kamu, Kemudian Kunjungi alamat Ini: Developers.Facebook.com

***Jika akun yang belum pernah digunakan untuk membuat Facebook App maka akan diminta untuk mendaftar aktivasi dengan mengikuti langkah singkat disana.

2. Setelah mendaftarkan facebook Profil, selanjutnya langsung tahap pembuatan Facebook App kamu. Klik “Buat aplikasi Baru“.

Cara Membuat Aplikasi Facebook untuk Facebook Komentar

Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mulai membuat Nama App sesuai yang kamu inginkan dan memasukan email aktif serta memilih kategori » Buat ID Aplikasi.

Facebook Comments App

Jika Kamu sudah Klik “Buat ID Aplikasi” akan muncul pop-up window konfirmasi meminta untuk memasukan Kode Acak, seperti gambar berikut:

Facebook Komentar

  • Kemudian Tunggu Refresh beberapa saat dan Facebook ID Aplikasi kamu sudah jadi, tinggal kopy paste kode ID ke pengaturan Plugin di website kamu.

Facebook App ID

Biar lebih terintegrasi antara webite wordpress dengan facebook kamu yang digunakan untuk membuat Facebook Apps, sebelum kamu memasukan Kode IP Aplikasi ke pengaturan plugin sebaiknya melakukan step berikut:

  • Pada Dasboard facebook Aplikasi tadi kamu Klik “Dasboard” .

Untuk Facebook Aplikasi Ke Website

  • Kemudian Pilih “Website” atau “Situs web”: Lihat Gambar

Komentar Facebook untuk WordPress

Setelah kamu klik “situs web” selanjutnya gulir kebawah dan masukan url website kamu disana dan klik “Next” – Selesai / Finish.

Masukan Url Website

Cara setting Pengaturan Plugin Facebook Komentar Di WordPress:

Caranya cukup gampang sekali, kamu hanya diminta memasukan ID Aplikasi dan ID Facebook Profil kamu sebagai moderator komentar saja.

Setting Up Facebook Plugin

Cara Mengetahui ID Profil facebook sendiri caranya mudah sekali, Jika username belum pernah dibuat kamu cukup klik profil dan lihat di url browser.

Jika sudah pernah dibuat username maka caranya: Pergi facebook profil dan Klik Foto Profil Kamu Hingga Keluar Url di browser dan nanti disana ada ID Profil facebook kamu. Lihat Gambar:

Cara Mengetahui ID Profil Facebook Kita

Atau bisa juga pake cara lain yang lebih praktis, yaitu dengan mengunjungi Alamat situs pencari ID Facebook Profil: findmyfbid.com

Disana masukan Url Profil facebook kamu, Contoh: facebook.com/muhammadtohir1991

Nanti beberapa saat akan keluar Nomer ID facebook Profil kamu disana.

Step lanjutan pengaturan Plugin facebook Komentar, mana yang harus dicentak dan tidak, Lihat gambar dan ikutin:

facebook-komenter-wordpress-01

facebook-komentar-wordpress-02

terakhir tinggal kamu klik “Save Changes” dan Selesailah sudah Cara menampilkan Komentar facebook di wordpress.

Cukup gampang dan tidak butuh waktu lama untuk melakukan cara menambahkan Kotak Komentar facebook di wordpress kita, yang bikin panjang artikel cuma tutorialnya saja biar lebih jelas dan detail step by step cara membuat Komentar facebook di wordpress dengan plugin ini.

Komentar Facebook Di wordpress
Contoh jadi Tampilan Kotak Komentar facebook di website saya yang menggunakan plugin facebook comments

Selain facebook Comments Plugin diatas juga masih ada banyak lagi plugin untuk menambahkan komentar facebook di wordpress seperti Plugin “Facebook comments WordPress”, “Facebook Comments Master” dan lainnya, Kamu juga bisa menambahkan halaman Fanpage kamu di wordpress dengan menggunakan Plugin “Facebook Like Box Widget”. Semuanya bisa kamu coba mana yang lebih sesuai selera kamu. Dalam Dunia Blogger yang terpenting adalah kemauan dan keberanian untuk mencoba agar tahu dimana letak kesalahan dan kebenaran metode yang kita lakukan yang juga bisa menjadi ajang belajar untuk meningkatkan kemampuan mengelola blog sendiri. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga Tulisan Tips lainnya: Tips mengatasi Samsung Galaxy Chat Lemot

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.