7 Cara Investasi Bagi Pemula yang Harus Diketahui

0
196

Cara Investasi Bagi Pemula Agar Meraih Keuntungan

Cara Investasi Bagi Pemula
Cara Investasi Bagi Pemula – Image ilustration

Cara Investasi bagi pemula kali ini bangtohir.com bagikan khusus dalam artikel ini untuk memberikan motivasi yang juga sekaligus diharapkan bisa menjadi panduan awal investasi bagi pemula agar bisa lebih berhati-hati dalam melakukan investasi.

Bisnis Investasi memang menjadi ladang bisnis yang sangat populer dan banyak diambil oleh banyak orang yang memiliki kelebihan dana, karena dengan berinvestasi uang yang ada bisa kembali terkelola dan mendatangkan keuntungan lebih banyak lagi. Investasi juga bisa menjadi salah satu cara menjadi kaya dan mempersiapkan masa tua agar tidak perlu banyak melakukan pekerjaan berat lagi. Walau demikian menggiurkan bisnis investasi tetap memerlukan strategi dan cara investasi yang tepat agar tidak salah melangkah juga bisa meminimalisir kerugian dalam berinvestasi.

Cara investasi bagi pemula tidak hanya sebatas bagaimana melakukan investasi pada bidang tertentu saja, ada banyak program investasi yang menjadi buruan para investor belakangan ini, seperti reksa dana, obligasi, emas dan deposito hingga investasi pada properti. Dari semua investasi yang ada, bagi yang masih baru maka penting untuk menguasai beberapa hal terkait cara investasi bagi pemula agar bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan.

Berikut Ini ada beberapa cara investasi bagi pemula yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi pada bidang apapun itu, simak ulasannya berikut ini:

1). Menentukan Tujuan Investasi

Cara investasi bagi pemula ialah menentukan tujuan dari investasi, apakah ingin melipatgandakan uang yang ada dari keuntungan atau ingin membantu mereka yang membutuhkan dana tambahan atau hanya sekedar mencoba saja.

Baca Juga: 3 Macam Investasi Online Saham Syariah Di Indonesia

Dalam hal menentukan tujuan investasi erat kaitannya dengan berapa keuntungan yang anda harapkan dari investasi tersebut, maka disini perlu menentukan seberapa besar dana yang ingin disetorkan, hukum bisnis yang berlaku, semakin besar modal maka semakin besar kemungkinan keuntungan yang diperoleh. begitupun dengan resikonya. Maka penting mempertimbangkan apakah anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari menyetorkan dana pada tempat yang telah dipilih.

2). Memahami Resiko Investasi

Dalam dunia investasi, semakin besar resiko yang akan anda hadapi maka disana justru semakin besar juga bisa meraih keuntungan besar pun demikian dengan kehilangan dan kerugian juga besar peluangnya bisa lebih besar.

Setiap investasi mengandung resiko yang berbeda-beda, maka penting untuk anda tanyakan terlebih dahulu pada pengelola investasi seberapa besar resikonya.

Baca: 5 Keuntungan Investasi Reksadana Dari Investasi Lain

Ketika anda melakukan investasi uang di bank dalam bentuk uang tunai, ketahuilah bahwa uang yang Anda investasikan di bank juga mengandung resiko, apabila bunga bank lebih rendah dari inflasi. Sama halnya ketika anda investasi pada obligasi dan saham juga terdapat resiko yang bertingkat disana.

3). Melakukan Diversifikasi

Diversifikasi adalah menyebar, artinya sebagai investor anda harus banyak melakukan investasi saham maupun depositu dan obligasi serta yang lainnya pada banyak tempat, tujuannya untuk meminimalisir kerugian. misalkan apabila anda mengalami kerugian pada satu tempat, maka bisa jadi investasi anda ditempat lain justru mendapatkan keuntungan dan bisa menutupi kerugian pada tempat lain.

Strategi investasi diversifikasi ini memang menjadi keharusan bagi para investor jika memang ingin bisa meraih keuntungan, karena jika hanya pada satu tempat saja, sekali kehilangan atau loss maka semuanya akan hilang.

4). Investor harus mengenali dengan datail semua biaya pengelolaan investasi

Para penyedia program investasi tentunya memiliki kebijakan dan ketentuan yang berbeda-beda dalam hal biaya pengelolaan dana para investor. Maka penting bagi anda mengetahui apa saja biaya yang harus anda tanggung, usahakan mencari tempat investasi yang lebih murah dari segi biaya administrasinya dan lebih besar peluang meraih keuntungan.

5). Mengamati Perkembangan

Cara investasi bagi pemula selanjutnya ini ialah dengan selalu memonitoring perkembangan investasi secara teratur. Anda bisa melakukan ini dengan banyak membaca berita investasi baik online maupun pada majalah investasi. Tindakan memonitoring ini tujuannya untuk memutuskan langkah atau tindakan apa yang akan dilakukan untuk penyesuaian terkait dengan investasi. Setidaknya anda harus tetap update atau mengecek 2 – 3 kali dalam sebulan.

6). Memilih Manajer Investasi Yang tepat dan handal

Bagi investor pemula sangat penting sekali mencari dan memilih manajer investasi yang tepay jika  memungkinkan, karena sukses, untung ruginya anda sangat erat kaitannya dengan keahlian para manajer investasi yang mengelola dana anda. Tentunya jika anda melakukan investasi pada program yang membolehkan untuk memilih sendiri manajer investasi, jika anda mengikuti program investasi pada Unit link maka ketahuilah bahwa pada unit link anda tidak diperbolehkan untuk memilih manajer investasi.

7). Mengetahui jangka waktu anda bisa meraih keuntungan

Cara investasi bagi pemula terakhir adalah dengan mencari tahu seberapa lama anda baru bisa memperoleh keuntungan, karena ada sebagian program investasi yang membuat program bagi para investor baru bisa menerima hasil setelah 2 hingga lima tahun berlalu. Jika anda ingin cepat bisa merasakan hasil dari berinvestasi maka pilihlah tempat investasi yang bisa membuat anda mencairkan keuntungan kapan saja.

Itulah tujuh cara investasi bagi pemula yang hars diketahui dan dipahami serta sekaligus dipraktekan saat ingin memulai investasi, jangan sampai karena anda lengah justru menjadi peluang bagi para pengelola investasi anda untuk menekan dan memanfaatkan dana dari anda untuk tujuan lain. Anda tentusudah banyak mendengar betapa banyak kasus para investor yang kehilangan dananya karena kena penipuan, tentunya itu semua terjadi karena memang dari awal tidak teliti dalam menggali informasi dari para pengelola tempat menyetorkan dana.

Selanjutnya apabila anda sudah memahami cara investasi bagi pemula diatas, tentukan produk investasi apa yang ingin anda ambil, baik konvensional maupun syariah dan juga penting untuk mengetahui proses bagaimana cara melakukan investasi. Jika anda tertarik untuk melakukan investasi saham pada bursa efek indonesia (BEI) berikut: 12 Cara Membeli Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia

loading...

LEAVE A REPLY