12 Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula Agar Laris

0
594

Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula
Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula – Image Ilustrasi

Cara berjualan di instagram untuk pemula bagi anda yang masih baru terjun kedunia bisnis online dan memilih instagram sebagai media promosi wajib hukumnya mengetahui strategi dan cara berjualan di instagram untuk pemula agar bisa menjual dan kemudian menjadikan produk kamu laris manis. Instagram sejak tahun 2016 lalu merupakan media sosial yang begitu pesat sekali perkembangannya dari sisi jumlah pengguna, hal itu diawal sejak diakuisi oleh Facebook, Maka tidak heran mengapa instagram menjadi pilihan media promosi yang sangat potensial sekali bagi para pelaku bisnis online.

Instagram juga merupakan media sosial yang sangat akrab sekai dengan para penggunanya, bahkan bisa dipastikan setiap orang yang memiliki smartphone dan telah membuat akun instagram pasti selalu membuka instagram, pagi, siang, sore dan malam apalagi ketika sedang santai dan hendak tidur. Tentunya para instagramer menjadi target empuk untuk memasarkan produk anda hanya saja memang sangat penting belajar cara berjualan di instagram untuk pemula bagi yang baru memulai.

Sekarang sudah tahun 2017 tentunya semakin banyak berjualan di instagram untuk pemula yang levelnya sudah makin hebat nan mantap untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih cepat. Namun, Karena tema kali ini berjualan di instagram untuk pemula maka sebelum melangkah menuju tips jualan di instagram yang lebih canggih dan berbayar tentunya yang perlu di kuasai adalah cara berjualan di instagram untuk pemula yang mendasar.

Apa saja cara berjualan di instagram untuk pemula yang harus terlebih dahulu dimaksimalkan dan bisa membawa keberhasilan menjual laris manis? berikut ulasannya:

1. Membuat akun khusus untuk jualan

Langkah pertama cara berjualan di instagram untuk pemula adalah dengan mempersiapkan dan membuat akun jualan khusus, jangan campur adukan antara akun personal dan akun jualan anda, kecuali jika memang nama anda sudah terbranding alias dikenal banyak orang maka tidak mengapa memanfaatkan akun pribadi, namun tetap saja tidak bagus berjualan menggunakan akun pribadi.

Lihat dan perhatiakan para penjual di instagram, bahkan selebgram sekalipun memiliki akun jualan khusus yang kemudian dipromosikan dengan akun pribadi mereka. Maka cara jualan di instagram pertama ini mengharuskan anda untuk membuat akun bisnis sendiri dan ubah statusnya dari akun personal ke akun bisnis agar makin membangun kepercayaan dan mudah untuk mengaktifkan fitur bisnis seperti kontak dan kebutuhan iklan.

Buatlah nama akun yang bagus, bisa sesuai nama produk jualan atau dengan nama brand bisnis khusus. Apabila anda berencana menjual banyak produk maka gunakan saja nama brand sehingga bisa digunakan untuk memasarkan banyak kategori produk. Namun disarankan satu produk satu akun biar lebih tertarget.

2. Mendesain akun jualan sedemikian profesional

Dalam tahap ini setelah membat akun langkah anda selanjutnya adalah mendesain akun, pasang foto profil yang bagus sesuai dengan produk anda dan Tuliskan BIO yang menarik serta jangan lupa mencantumkan kontak jualan anda di bio agar lebih mudah bagi siapapun yang tertarik untuk membeli menghubungi anda.

Beberapa hal terkait desain akun jualan jangan lupa untuk menerapkan:

  • Username dan Nama Akun: Buatlah username yang mudah diingat dan jikamemungkinkan mudah ditemukan
  • Cantumkan: Kontak (Nomor hp, WA, Line, BBM) lokasi, Keterangan produk yang anda jual, Status anda apakah distributor, supplier, reseller, dropshiper dan lainnya.

3. Mempersiapkan foto produk yang berkualitas

Jangan asal posting produk ke akun anda meskipun itu foto produk yang dijual, foto mempengaruhi daya tarik orang untuk mau memperhatikan atau melihat lebih lama deatil produk. Sekitar 80% foto yang bagus baik dari segi pencahayaan dan posisi jepretan mempengaruhi daya tarik konsumen baru untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk anda.

Jika memungkinkan, maka desainlah secara khusus foto produk dengan tulisan menarik didalamnya seperti menggunakan Adobe Photoshop dan tool desain grafis lainnya, Ukuran yang ideal dan sangat sesuai dengan beranda adalah 400×400.

Hindari! Jangan asal mengambil foto produk di internet meskipun sama dengan produknya dengan jualan anda, karena jika salah ambil dan si pemilik mau melakukan klaim foto bisa saja kalau mereka merasa tersaingi menjelekan nama baik brand bisnis anda.

4. Memperbanyak Jumlah Follower

Jumlah follower sangat berpengaruh terhadap penjualan di insagram, karena memang tanpa adanya follower anda akan kesulitan memasarkan produk karena saingan begitu banyak jika hanya mengandalkan hastag saja.

Banyak orang salah kaprah dalam menggunakan akun jualannya tentang follower, ketahuilah bahwa, untuk akun jualan anda tidak perlu pusing memikirkan banyaknya following, karena jika akun jualan mau dibikin NOL Following maka mereka semua akan lari yang sudah memfolllow anda, bukankah yang terpenting adalah bisa menjual?.. tidak mengapa banyak following karena terus memfollow asalkan ada penjualan.

Jika memang sudah punya pelanggan tetap yang banyak barulah tidak mengapa mulai mengurangi jumlah following, terutama menghapus mereka yang emmang sama sekali tidak pernah berinteraksi dengan anda terkait produk.

Hindari dan Waspadalah! Jangan berambisi membeli follower apalagi pada jasa follower yang anda sendiri tidak melihat testimoni pelanggan mereka, karena jika kurang jeli justru anda hanya membeli follower yang tidak ada manfaatnya alias follower mati dan banyak orang bulenya.

Maaf bukan menghalangi para pelaku bisnis follower, tapi jika memang jasa mereka berkualitas kenapa tidak menggunakannya.

Jika memungkinkan membeli akun yang sudah lama dan banyak follower aktif itu lebih bagus dan tinggal pakai saja, Itupun anda harus mengecek berapa persen follower aktif dan interaksinya.

*** Jika anda membutuhkan bantuan kami untuk meningkatkan jumlah follower aktif dan berkualitas jangan sungkan untuk menghubungi lewat halaman kontak yang tersedia.

5. Menghubungkan akun instagram dengan media sosial lain seperti twitter dan facebook.

Menghubungkan akun dengan media sosial lain akan membuat anda hemat waktu promosi, karena bisa secara otomatis berbagi ke facebook dan twitter dalam satu waktu, selain itu juga akan memperkuat status akun anda.

6. Menjadwal Postingan

Ingat dalam jualan atau promosi jangan offer update karena akan membosankan follower dan menyebabkan mereka lari, anda bisa mengatur jadwal postingan

Misalkan posting saat jam yang tepat dimana orang sedang dalam kondisi istirahat kerja siang hari atau istirahat sholat bagi yang umat islam karena di waktu itu ada jeda bagi mereka membuka instagram dan berpeluang melihat postingan anda, pagi -pagi sebelum berangkat kerja dan malam hari saat mereka sedang santai duduk nonton atau sebelum tidur.

7. Mengatur Jumlah Postingan perhari

Jangan telalu banyak posting apalagi diwaktu yang tidak tepat, karena hanya akan membuang waktu anda saja. Aturlah jumlah postingan sehari minimal dua postingan produk atau sesuai jadwal yang telah ditentukan.

8. jangan Lupa membuat deskripsi secara detail tentang produk bersamaan dengan Foto postingan

Jangan hanya posting produk dengan menyebutkan nama produk saja, anda harus terus melakukan menulis deskripsi produk secara mendetail seperti nama, manfaat produk dan kualitas produk serta kelebihan produk anda dan jangan lupa menyertakan kontak yang bisa dihubungi bersamaan dengan deskripsi produk anda.

Tips: Agar tidak selalu harus menulis manual, anda bisa menuliskan destail atau deskirpsi produk di notepad ponsel sehingga setiap kali posting bisa di copy dan dimasukan kedalam caption produk.

9. Gunakan Hastag yang relevan

Pastikan juga anda menggunakan Hastag dalam setiap postingan dan menarget hastag yang populer serta relevan dengan produk, hindari hastag berbau tabu atau porn*grafi karena percuma dan akan membuat suaha anda tidak berkah.

Tips: Anda bisa mengumpulkan banyak hastag populer kedalam notepad sehingga nantinya tidak perlu setiap posting harus menulis manual, karena tingga di copy saja.

10. Gunakan bahasa Diskon

Setiap posting anda bisa menggunaka jusrus diskon untuk menambah daya tarik konsumen, bukankah anda bisa membuat harga lebih tinggi dan memberikan diskon besar tapi masih memberikan untung kepada anda.

Ketahuilah bahwa bahasa diskon sangat powerfull untuk strategi promosi, misalkan beli dua gratis ongkir atau beli 3 gratis satu produk dan bisa juga dengan memberikan bonus spesial lainnya.

11. Cepat respon

Siapapun konsumen anda anda harus tetap selalu cepat merespon mereka, jangan pernah bosan memberikan penjelasan kepada konsumen.

Sudah hal yang wajar jika konsumen banyak bertanya karena mereka memang ingin memastikan bisa mendapatkan manfaat produk dan ingin benar-benar memastikan merega tidak dirugikan ketika harus keluar uang untuk membeli produk anda.

Kecepatan dalam merespon menentukan anda bisa mendapatkan pembeli dengan cepat dan bisa melayani konsumen baru lainnya sehingga memperbanyak jumlah penjualan.

12. Perkuat Akun Bisnis anda agar tidak mudah kena Hack

cara berjualan di instagram untuk pemula terakhir adalah berkaitan dengan akun bisnis anda, banyak kasus sekarang ini akun jualan yang sangat bagus dan selalu menjual tiba-tiba hilang dan diambil alih oleh orang lain, tentunya sangat meruginak sekali jika harus kehilangan aset bisnis anda.

Sebelum menyesal anda sebaiknya membuat sistem keamanan akun lebih ketat dan baik agar tidak mudah kena hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab mencari rezki dengan cara yang baik. Baca Tips melindungi akun pada artikel kami sebelumnya: Cara Melindungi Akun Instagram Dari Hack

Itulah 12 cara berjualan di instagram untuk pemula level pertama dalam pembahasan tips marketing online via instagram kali ini, selain dari beberapa cara jualan di instagram bagi pemula diatas tentunya masih banyak strategi jualan di media sosial instgram lainnya dan akan kita lanjutkan pembahasannya pada artikel yang akan datang, untuk itu pastikan anda kembali lagi kesini dan mengetahui cara berjualan di instagram untuk pemula dengan level kedua yang lebih membantu dalam meningkatkan penjualan dan penghasilan anda.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.