6 Cara Mudah Investasi Reksadana Yang Menguntungkan

0
170

Cara Mudah Investasi Reksadana Yang Menguntungkan

Investasi kini tengah menjadi tren dalam menjaga finansial untuk masa depan. Salah satu investasi yang sering dipilih adalah investasi reksadana. Reksadana merupakan kumpulan dana atau modal yang dikelola oleh pengelola investasi, untuk pembelian saham, obligasi, maupun alat keuangan lainnya.

Apakah investasi reksadana membutuhkan modal awal yang mahal? Jawabannya Tidak. Reksadana merupakan salah satu investasi dengan modal awal yang kecil, sehingga dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari Mahasiswa hingga pegawai. Pasalnya, pembelian produk reksadana dimulai dari harga Rp 50.000,00 hingga Rp 100.000,00. Selain itu, uang pengembalian atau return dari investasi reksadana bukanlah tergantung pada besar kecilnya nilai awal dari pembelian produk reksadana. Melainkan tergantung dari pengelolaan reksadana oleh manajer pengelolaan reksadana.

Baca: 5 Keuntungan Investasi Reksadana Dari Investasi Lain

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan reksadana sebagai investasi, berikut kami rangkum cara mudah investasi reksadana yang menguntungkan dari investasi reksadana.

6 Cara Mudah Investasi Reksadana Dan Menguntungkan

  1. Tentukan Tujuan

Pertama, Anda harus menentukan tujuan pembelian reksadana, apakah untuk pendidikan, pembelian properti, maupun dana pensiun. Hal tersebutlah yang menentukan jangka waktu Anda berinvestasi, sehingga Anda perlu memikirkan matang-matang tujuan Anda berinvestasi reksadana.

  1. Kenali Jenis-Jenis Reksadana

Sebelum Anda menginvestasikan dana di reksadana, kenali dulu jenis-jenis reksadana. Reksadana dibagi ke dalam beberapa jenis seperti pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham, dollar, index, syariah, dan lain sebagainya.

  1. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Setiap jenis investasi reksadana memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Investasi reksadana secara umum memiliki jangka waktu antara 1 – 3 tahun, 3 – 5 tahun, bahkan lebih dari 5 tahun.

Jika Anda ingin memilih jangka waktu kurang dari satu tahun, Anda bisa memilih reksadana pasar uang. Dan untuk jangka waktu 1-3 tahun, Anda dapat memilih reksadana jenis pendapatan tetap. Dan untuk reksadana jangka waktu 3-5 tahun, Anda bisa memilih reksadana campuran. Sementara untuk reksadana jangka waktu 5 tahun, Anda bisa memilih reksadana pasar uang.

  1. Langkah-langkah Investasi Reksadana

Langkah-langkah berinvestasi reksadana yakni dengan menentukan tujuan berinvestasi. Jika Anda ingin menyimpan uang lebih aman, namum dengan keuntungan yang terbatas, maka Anda dapat memilih investasi pasar uang. Tapi, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan resiko yang besar pula, maka Anda bisa memilih investasi saham atau campuran.

Langkah yang kedua adalah memilih produk reksadana sesuai keinginan Anda. Carilah informasi jejak keuntungan dari suatu produk reksadana, sehingga Anda bisa mempertimbangkan produk reksadana yang akan Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai harapan.

  1. Pastikan Reksadana Memiliki Izin

Reksadana merupakan jenis investasi dengan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi, sebelum Anda memilih investasi reksadana, pastikan bahwa reksadana tersebut memiliki izin resmi.

  1. Cermati Propektus Reksadana

Cara mudah investasi reksadana yang menguntungkan terakhir, Propektus merupakan semacam buku manual berinvestasi di reksadana. Buku ini memuat berbagai hal mengenai data reksadana, mulai dari perizinan, kebijakan investasi, manajer investasi, biaya investasi, hingga penjualan dan pembelian reksadana. Cermati dan pahami propektus reksadana tersebut agar Anda semakin yakin untuk berinvestasi reksadana.

Jika sudah mantap hati ingin bergabung dalam investasi reksadana maka pastikan anda telah memilih manajer investasi yang tepat sebelum memulai, karena manajer investasi berperan penting dalam mengelola uang investasi anda nantinya.

Baca: 3 Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana Yang Tepat

Itulah 6 cara mudah investasi reksadana yang menguntngkan untuk investasi reksadana. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi reksadana.

LEAVE A REPLY