5 Makanan Sehat Untuk Anak Agar Lebih Cerdas, Bunda Harus Tahu!

0
188
Makanan Sehat Untuk Anak Penunjang Kecerdasan
Makanan Sehat Untuk Anak Pemicu Kecerdasan

Makanan Sehat Untuk Anak Penunjang Kecerdasan

Makanan Sehat untuk anak juga sangat penting untuk diperhatikan sama seperti mendidik anak dengan kesibukan yang tiada henti, dan itu pasti merupakan sebuah tantangan yang cukup berat bagi para Bunda. Karena itu, Bunda harus memberikan asupan makanan yang bergizi, agar tumbuh kembang si kecil selalu optimal.

Membiarkan anak mengkonsumsi makanan yang tidak jelas kandungan gizi dan nutrisinya akan menjadikan pertumbuhan dan perkembangan si kecil menjadi tidak sehat, sementara disi lain mengkonsumsi makanan tidak sehat bagi si anak akan mengganggu sistem kecerdasan mereka juga, maka dari itu awasilah apa yang mereka makan setiap harinya di usia pertumbuhan si kecil.

Kesulitan pasti akan dialami oleh Bunda dalam memberikan asupan yang bergizi pada si kecil. Namun, jangan pernah menyerah untuk memberikan asupan bergizi. Perlahan – lahan, ajarilah anak-anak akan betapa pentingnya nutrisi yang dimiliki oleh makanan yang sudah Bunda berikan. Berikut ini adalah makanan sehat untuk anak agar lebih cerdas. Check it out!

  1. Buah dan sayur

Makan sehat untuk anak pertama, hidup di negara yang tropis, memberikan keuntungan tersendiri bagi para vegetarian. Bayam, sawi, dan sayuran hijau lainnya bisa dinikmati setiap tahun. Vitamin C dan E yang terkandung dalam bayam memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Buah – buahan segar juga memiliki khasiat yang tak kalah penting. Senyawa yang terkandung pada blueberry dan strawberry, mampu membuat anak terhindar dari stres. Bunda tidak mau si kecil jadi stres kan?

  1. Produk olahan susu

Berbagai produk olahan susu, kaya akan protein dan vitamin B-kompleks lhoo, Bunda. Berbagai nutrisi yang ada dalam produk olahan susu ini akan mendukung pembangunan sel – sel pada otak. Selain itu, juga akan meningkatkan fungsi otak. Tidak menutup kemungkinan si kecil akan menjadi cerdas karenanya.

  1. Berbagai macam ikan

Memberikan ikan tuna atau ikan sarden untuk sarapan, adalah hal yang baik bagi kesehatan si kecil. Harganya yang pas dikantong, namun dua ikan ini memiliki kandungan yang tidak kalah penting dari ikan salmon. Ikan sarden, ikan tuna, dan ikan salmon memiliki kandungan omega-3 dan vitamin D yang sangat tinggi. Keuda hal inilah yang akan melindungi otak dai penurunan kemampuan mental, dan hilangnya daya ingat.

  1. Telur

Tahukah Anda, bahwa kacang dan tekur memiliki kandungan Choline yang tinggi. Choline ini akan membuat daya ingat otak semakin tinggi. Semakin banyak Choline pada otak si kecil akan membuat daya ingatnya semakin baik. Jangan heran, jika semasa Bunda hamil, banyak orang dan dokter menyarankan untuk selalu mengkonsumsi telur. Selain hanya berguna bagi si kecil, kandungan dalam telur juga baik bagi tubuh Bunda selain untuk penunjang kecerdasan si kecil kesayangan.

  1. Berbagai macam biji – bijan dan kacang

Makan sehat untuk anak terakhir, berbagai macam kacang dan biji – bijian, mengandung vitamin, mineral dan lemak sehat yang bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Selain itu, kandungan yang terdapat pada biji – bijian dan kacang juga mampu membuat mood si kecil jadi membaik. Bunda bisa memberikan jenis kacang seperti walnut, kenari, almon, dan berbagai biji – bijian seperti biji bunga matahari, dan chia seed.

Baca: Waspadalah! Gadget Bisa Menyebabkan Anak Lambat Bicara

Berbagai jenis makanan sehat untuk anak diatas tidak harus diberikan sebagai makanan utama. Bunda juga bisa memberikannya sebagai cemilan. Namun yang pasti adalah jangan sampai mengesampingkan menu makanan sehat diatas dalam memberikan asupan makanan mereka sehari-hari bila ingin anak bunda terpacu kecerdasannya sehingga bisa menjadi anak kebanggaan keluarga dengan prestasi yang bakal mereka raih di usia pertumbuhan dan perkembangannya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.