5 Jenis Perdagangan Saham Paling Populer Tentukan Pilihanmu

0
565

Jenis – Jenis Perdagangan Saham Sebaiknya Kamu Tahu

Jenis Perdagangan Saham
Perdagangan Saham – Ilustrasi

Berbicara mengenai perdagangan saham bukanlah sebuah bisnis yang main-main. Mereka yang terjun ke dalam bisnis ini tentu harus berbekal pengetahuan yang cukup seputar perdagangan saham. Tanpa bekal pengetahuan bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi miskin dalam sekejap. Namun, jangan heran pula jika seseorang bisa menjadi kaya dalam waktu yang singkat berkat bisnis sahamnya.

Untuk bermain di pasar modal ini, seseorang harus memegang parameter yang bisa dijadikan patokan untuk bisa berhasil. Bagi para pemula yang ingin terjun ke bisnis perdagangan saham ini perhatikan beberapa hal diantaranya: apakah saham tersebut menjanjikan keuntungan secara kontinu, telah terbukti menguntungkan, pengelolaan manajemen professional, harga saham di bawah harga pasar.

Itulah pentingnya memiliki pengetahuan tentang bisnis ini, agar kamu bisa menentukan keputusan yang akan kamu ambil. Investasi melalui saham dapat memberikan keuntungan untuk masa depan dan menjaga nilai uang. Ada 5 jenis perdagangan saham yang bisa kamu pilih. Namun, sebelum mengetahui 5 jenis perdagangan saham, perlu kamu ketahui ada 2 jenis saham yakni saham biasa dan saham preferen.

Baca Juga: 4 Teknik Investasi Saham Yang Harus kamu Ketahui

Pemilik saham preferen akan mendapatkan pembagian deviden terlebih dahulu dibandingkan pemegang saham biasa. Namun, pemegang saham biasa juga berkesempatan mendapatkan keuntungan yang besar apabila perusahaan juga mengalami keuntungan.

Kembali ke jenis perdagangan saham, kamu bisa melakukan investasi dari 5 jenis perdagangan saham berikut:

1. BlueChip Stocks

BlueChip Stocks merupakan saham biasa (common stock) dari sebuah perusahaan yang memiliki reputasi yang besar. Perusahaan tersebut kerap kali menjadi pemimpin bidang industri, karena memiliki pendapatan stabil dan konsisten membayar tagihan.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Online bagi Pemula dengan Modal Kecil

BlueChip Stocks menjadi saham terfavorit dalam perdagangan bursa efek, karena memiliki nilai yang tinggi dan tentunya menguntungkan. Adapun kriteria yang dipakai dalam BlueChip Stocks yaitu ditransaksikan pada harga yang wajar, pergerakan harga saham relative stabil, jumlah saham yang beredar tinggi dan likuidasnya tinggi.

2. Income Stocks

Income Stocks merupakan saham dari penerbit saham (emiten) yang membayar deviden lebih tinggi daripada deviden yang dibayarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Pemilik saham Income Stocks akan memperoleh deviden yang meningkat dari tahun ke tahun.

3. Growth Stocks – terdiri dari well – known dan lesser – known

Growth merupakan saham yang diprediksikan berpotensi memberikan kenaikan deviden di masa yang akan datang. Ada 2 macam jenis Grown Stocks yakni well known dan lesser known. Growth stock well known merupakan saham yang mempunyai pertumbuhan pendapatan yang tinggi, karena mempunyai reputasi tinggi dan menjadi pemimpin di bidang industri. Sedangkan growth stock lesser known merupakan saham yang berasal bukan dari pemimpin, namun tetap memiliki cirri growth stock.

4. Speculative Stock

Speculative Stock merupakan jenis perdagangan saham yang diprediksi dimasa mendatang akan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Akan tetapi, keuntungan itu bersifat belum pasti, karena tidak ada jaminan pasti bahwa perusahaan itu akan untung. Oleh sebab itu, saham ini disebut speculative stock karena mengedepankan spekulasi.

5. Counter Cyclical Stockss

Jenis perdagangan saham yang satu ini tidak terpengaruh pada kondisi ekonomi makro ataupun situasi bisnis secara umum. Bahkan ketika kondisi perekonomian tengah buruk, harga saham ini tetap tinggi dan menjanjikan deviden.

Baca Juga Artikel Lainnya: Pesan Keramat Untuk Para Suami dan Calon Suami

Itulah lima jenis perdagangan saham yang dapat kamu pertimbangkan untuk berinvestasi melalui pasar modal. Tentunya, sebelum membuat keputusan berinvestasi saham, kamu perlu memiliki pengetahuan yang cukup untuk memahami aturan main dalam perdagangan saham.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.