21 Tips Agar Bisa Mendominasi Posisi Di Youtube

0
516

Tips Meraih Posisi Di Youtube Bagian #1

Tips Agar bisa Mendominasi Posisi Di Youtube

Video Youtube semakin mengalami perkembangan di era digital, bahkan para ahli marketing dunia mengatakan kalau dengan menguasai tekhnik pemasaran di youtube maka akan menjadi penjualan orang tersebut sangat cepat meroket. Dengan jumlah penayang kurang lebih 4 milliar video perhari youtube menjadi salah satu media paling popular dengan menduduki urutan ketiga di dunia.

 

Selain itu diam – diam ternyata youtube menjadi salah satu situs yang mendominasi posisi mesin pencari terbesar di dunia, google juga telah menggeser system algoritmanya untuk mendukung youtube, sehingga tidak heran ketika kita sedang browsing di halaman pencarian google seringkali yang menduduki posisi teratas adalah video dari youtube.

 

Bukan hal yang aneh lagi ketika banyak orang berlomba – lomba untuk meraup penghasilan dengan memanfaatkan video di youtube. Meskipun demikian menggiurkan tetap sebagai publisher youtube kita harus memperhatikan cara yang baik agar bisa bertahan lama disana, karena cara yang jelek dan mau instan tidak akan menjamin akun kita bisa bertahan lama mendatangkan penghasilan di youtube.

 

Berikut ada 21 cara agar kita bisa mendominasi posisi di youtube dengan video original yang kita punya.

Sebelumnya , anda perlu tahu bahwasanya di youtube juga kita tidak diperbolehkan mengupload video milik orang lain yang memiliki hak cipta, kecuali disana tercantum CC ( Creative Common ) atau boleh digunakan kembali.

 

21 tips mendominasi posisi dihalaman youtube ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian artikel.

1. Buatlah Video berdurasi pendek, setidaknya maksimal 5 menit dan minimal 3menitan

Orang lebih cenderung untuk menonton video pendek. Mereka juga lebih mungkin untuk menyelesaikan menonton mereka. Video yang panjang selain membuat orang ketakutan habis quota internet juga akan banyak memakan waktu mereka yang terbatas.

 

2. Kualitas pencahayaan Video anda
Usahakan video yang anda upload ke youtube memiliki kualitas cahaya yang bagus dengan demikian tidak menutup kemungkinan video anda akan menjadi pilihan utama untuk ditampilkan pada posisi atas.

 

3. Edit Video Anda
Punya video jangan asal posting, lakukan pengeditan dengan memotong bagian video yang tidak menarik dan itu juga akan membuat durasi anda tidak sia – sia. Bisa mengedit dengan menggunakan Video editing software seperti Movie Maker, iMovie, dan VirtualDub semua gratis dan mudah dipelajari.

 

4. Merek Video Anda atau pencitraan merk
Merek atau brand atau logo jangan remehkan hal ini, karena dengan menampilkan merek atau brand akan membuat kesan video anda menarik dan professional, anda bisa menerapkan ini pada settinagn di youtube.

 

5. Sertakan Background Musik
Salah satu cara untuk membuat video Anda lebih profesional dan lebih menyenangkan untuk menonton adalah untuk memasukkan musik latar belakang. Anda dapat menemukan lagu instrumental yang enak di dengar dan yang gratis untuk digunakan di arsip musik gratis. Ingat! Jangan menggunakan music yang berhak cipta untuk baeground video anda karena akan membuat video anda mengadung konten pihak ketiga.

 

6. Riset Kata Kunci Video Anda
Sebelum melakukan upload video pastikan anda terlebih dahulu melakukan riset kata kunci, riset kata kunci akan membantu video anda menemukan judul yang banyak dicari orang ketika berselancar di youtube. Untuk riset keywords youtube anda bisa menggunakan situs ini yang saya rekomendasikan :

  • keywordtool.io/youtube
  • ubersuggest.org
  • adwords.google.com

Usahakan dalam memilih kata kunci yang akan digunakan untuk judul video anda pilih yang paling panjang.

 

7. Pasang link di Deskripsi tersebut
Ini penting juga untuk di perhatikan jika anda memiliki website untuk mencantumkan url website anda di bagian descripsi video youtube anda, dengan begitu anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus : dapat view di youtube dan tidak menutup kemungkinan mereka juga akan mengklik url website yang tercantum kemudian dibawa ke website secara otomatis akan mendatangkan traffic bagi website anda dari youtube yang ramai viewernya tersebut.

 

Pastikan url yang anda cantumkan di deskripsi video diawali dengan http:// atau jika tidak link tersebut tidak akan dianggap dan tidak bisa di klik. Tempatkan lik setelah anda menulis deskripsi sebanyak 27 karakter. Bisa dengan shorten url dll.

 

8. Meletakan keywords di isi deskripsi video
Meskipun link juga penting untuk di letakan pada deskripsi anda juga harus memperhatikan kata kunci yang sudah anda riset sebelumnya. Tempat kata kunci sesuai judul di awal, ditengah,dan diakhir deskripsi, atau lakukan sama seperti anda menulis artikel seo.

 

Ini akan membantu video anda lebih mudah ditemukan oleh robot google ketika mencari yang akan ditampilkan di posisi atas halamanp pencarian. Pastikan untuk meletakan kata kunci yang terterget.

 

9. Pilih Judul yang Tepat
Judul penentu 80 % dari minat pengunjung untuk mengklik atau menonton video anda

 

Jadi pastikan anda menulis dan memilih judul yang tepat untuk video anda, saya sudah katakana penting untuk riset keywords atau kata kunci untuk judul video namun demikian anda tidak boleh monoton dalam menulis judul, tulislah judul yang menarik atau berlakulah seolah – olah anda orang yang mencari video di youtube dengan demikian pikiran anda akan terbawa untuk membuat judul sesui dengan apa yang kira – kira orang cari di youtube.

 

10. Manfaatkan bagian Thumbnail di bgaian kanan video.
Pada pelatihan youtube academy kami diajarkan untuk tidak menyepelekan bagian thumbnail video, karena terkadang tampilan depan yang asli dari video kurang menarik perhatian, maka anda bisa menambahkan foto untuk menjadi tampilan depan di youtube anda.

Baca Juga : Ukuran Gambar Header Channel Youtube Dan Contohnya

YouTube akan memberikan tiga pilihan untuk thumbnail video Anda: satu di 1/4 mark, tanda ½, dan tanda ¾. Sama seperti dengan judul, sangat penting untuk memilih gambar yang akan membuat orang ingin untuk mengklik.

 

Pastikan untuk menggunakan gambar yang menarik perhatian, atau anda juga bisa member tanda merah di gambar yang anda gunakan untuk thumbnail bagian depan video ketika tampil di halaman pencarian.

 

Oke untuk 21 tips mendominasi posisi di youtube kali ini saya cukupkan sampai di sini dan silahkan untuk membaca pembahasan selanjutnya pada bagian dua : Tips meraih Posisi Pertama di Youtube Part 2

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.