2 Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di WordPress Paling Mudah

0
392

Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di WordPress

Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di WordPress
Cara Membuat Halaman daftar isi di wordpress – ilustrasi

Cara membuat halaman daftar isi di wordpress merupakan hal yang tidak asing lagi di dunia blogger, apalagi bagi para master blog tentunya hal ini sudah bukan lagi menjadi pembahasan baru. Pasalnya daftar isi blog baik blogger maupun wordpress merupakan salah satu pendukung kemudahan navigasi website sehingga para pengunjung dan pembaca yang datang menjadi lebih mudah memilih mau baca artikel dengan pembahasan sesuai kebutuhan.

Cara membuat halaman daftar isi di wordpress juga tidak sesulit membuat daftar isi di blog blogspot, karena pada wordpress semua pemilik website sangat dimudahkan sekali dengan bantuan plugin, namun untuk bisa memanfaatkan bantuan plugin, website kita harus sudah premium alias menggunakan domain dan hosting berbayar. Karena Website yang masih versi gratisan belum support untuk menggunakan dan menginstal plugin.

Kenapa membuat daftar isi di blogspot dikatakan agak tidak mudah? karena blogspot bermain dengan kode script, artinya kalau tidak terlalu paham dengan code script tentunya akan menyulitkan untuk membuat daftar isi di blog blogspot. Tapi sekarang juga sudah menjadi lebih mudah, karena banyak para master coding yang mau dengan suka rela membuatkan code script untuk bisa digunakan secara gratis oleh para blogger pemula untuk membuat daftar isi pada blog masing-masing.

Bagaimana Cara membuat halaman daftar isi di wordpress dengan mudah? berikut step by step tutorialnya:

Cara Membuat daftar Isi Di WordPress Pertama dengan plugin Dagon Design Sitemap Generator / DDsitemagen:

Setelah di download, silahkan upload ke wordpress kamu: Masuk ke wordpress – Plugin – Klik add new – Pilih upload pluginInstal Now. Lihat gambar:

Instal Plugin

Setelah terinstal – Klik Aktifkan plugin, kemudian lanjut ke langkah berikutnya.

  • Langkah ketiga: Buatlah Halaman baru seperti biasanya. Lalu buatlah judul terserah kamu, Contoh “Daftar isi” atau ” Archive” dan lainnya. Selanjutnya dari ” Visual” beralih ke “Text” dan Masukan Kode berikut: <!– ddsitemapgen –> 

Lihat Gambar berikut:

CaraMembuat Daftar Isi Pada WordPress

  • Langkah Terkahir: Silahkan Klik Publish halaman daftar isi wordpress baru kamu, dan lihat hasilnya. Selesai.

Kamu juga bisa mengedit mau berapa jumlah judul yang ditampilkan dan mengedit tombol next mau dibagian atas atau di bawah. semua tergantung kemauan kamu selaku pemilik website, tanpa di edit juga sudah otomatis daftar isi wordpress kamu jadi dengan sempurna.

Cara Membuat daftar Isi Di WordPress Kedua dengan Plugin: WP-Archives dari Jim Penaloza Calixto: berikut langkah – langkahnya.

  • Langkah Pertama: Login ke wordpress seperti biasa dengan username dan pasword kamu
  • Langkah kedua: Klik Plugin – “Add new” dan cari Plugin “WP-Archives” kemudian instal dan aktifkan.

Plugin Daftar Isi WordPress

Langkah selanjutnya: Buat halaman baru seperti pada pembahasan cara membuat daftar isi di wordpress pertama diatas.

Kode yang harus kamu masukan pada halaman daftar isi baru di bagian “TEXT” adalah kode berikut: <!–wp_archives–>

Kemudian klik publish – Lihat hasilnya. Selesai.

Kode untuk plugin kedua ini tidak sama dengan kode pada plugin pertama diatas, akan tetapi fungsinya tetap sama yaitu untuk membuat daftar isi atau untuk menampilkan semua isi postingan di wordpress kita.

Jangan gunakan dua – duanya, pilih saja salah satunya yang menurut kamu bagus untuk website kamu.

Itulah dua cara membuat daftar isi di wordpress yang bisa kamu terapkan untuk menampilkan semua isi tulisan di website kamu berdasarkan judul, sehingga lebih mudah bagi semua pembaca untuk memilih artikel yang ingin mereka baca berdasarkan judul.

Jika kamu ingin mengikuti model daftar isi blog bang tohir ini, maka yang digunakan adalah cara yang pertama. Kamu Bisa melihat sendiri contohnya tampilan seperti apa pada halaman Archive.

Semoga dengan tutorial ini kamu bisa dengan mudah memahaminya step by step cara membuat daftar isi di wordpress dan bisa menerapkannya sendiri pada website kamu.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.