13 Kultwit Romadhon Tema: Ajakan Membaca Al Quran

0
725

Ajakan Membaca Al Quran

Bangtohir.com – Assalamu’alaikum, masih seputar nuansa ramadhan dan mengajak teman – teman semua untuk menyebarkan banyak kebaikan lewat kultwit ramadhan dengan tema ajakan memperbanyak membaca al qur’an. berikut bang tohir telah urutkan 13 Kultwit Ramadhan untuk teman – teman semua dan silahkan di copas lalu sebarkan lewat media sosial yang ada, semoga kebaikan selalu mengalir untuk kita dan mudah – mudahan bernilai pahala yang bisa menjadi bekal kelak menuju akhirat.. Aamiinn..

Kita semua sebagai umat muslim tentunya banyak keutamaan dibulan ramadhan, selain adanya perintah wajib untuk berpuasa di dalamnya ( baca: Q.s al baqarah : 183) juga merupakan waktu yang sangat mulia dimana Allah Ta’ala menurunkan Peta dan pedoman sekaligus petunjuk bagi seluruh manusia untuk menuju jalan kebenaran dan pembeda antara yang Haq dan batil. sebagaimana dalam Firman Allah Ta’ala:

Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” – (QS. Al Baqarah: 185)

13 Kultwi Ramadhan (Romadhon) Tema Ajakan Membaca Al Qur’an

1/13: Kultwit lagi nih … Ingin menyemangati diri sendiri biar semangat tadabbur quran dan #tadarusquran. Semangat!

2/13: Kenapa #tadarusquran? Karena bulan Ramadhan ini bulan Quran seharusnya sebulan punya target untuk khatam quran. Mudah, kalau berniat.

3/13: Sekarang penting kiranya kita pahami adab-adab ketika #tadarusquran. Karena tanpa adab, tak punya pengaruh ketika kita membacanya.

4/13: Adab 1, Awali dengan niatan ikhlas, bukan berniat ingin cari dunia, bukan ingin cari pujian.

5/13: Adab 2, mulut hendaknya dalam keadaan bersih, bukan dalam keadaan berbau tidak enak, lebih-lebih berbau rokok. Iihhhh bauuuuu

6/13: Adab 3, disunnahkan membaca Al-Quran dalam keadaan suci. Namun untuk menyentuh mushaf Quran berbahasa Arab, wajib dalam keadaan suci.

7/13: Kenapa menyentuhnya wajib bersuci? Karena Rasul bersabda, tidak boleh menyentuh mushaf Quran kecuali dlm keadaan suci. (HR. Daruquthni)

8/13: Adab 4, membaca Al Quran hendaknya di tempat yang bersih, yang suci. Di masjid tentu lebih utama, sekaligus bisa niatan itikaf.

9/13: Imam Nawawi berkata, hendaklah setiap orang yg duduk di masjid sudah berniat itikaf dlm waktu lama atau sesaat, jg sejak awal masuk.

10/13: Adab 5, hendaknya menghadap kiblat, duduk penuh ketenangan dan sakinah.

11/13: Adab 6, memulai membaca Al Quran dengan membaca ta’awudz, lalu membaca bismilllahirrahmanirrahim untuk awal surat selain At-Taubah.

12/13: Adab 7, membaca dalam keadaan khusyu’ dan #tadabbur_quran. Bisa tadabbur yah dengan baca terjemahan dan pelajari tafsirnya.

13/13: Adab di atas disarikan dari kitab At-Tibyan hlm. 87, moga manfaat.

Itulah 13 Kultwit Ramadhan berupa ajakan untuk memperbanyak membaca Al Qur’an, semoga bermanfaat dan menjadi sumber kebaikan yang tak ternilai bagi kita semua. Sumber: Twitter @RumayshoCom

Baca Juga: 21 Kultwit Ramadhan Tema Sholat Jamaah

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.